Minta Pertolongan Presiden Rusia Putin, Inilah Penyebab Perang Azerbaijan dan Armenia di Nagorno-Karabakh

- 13 September 2022, 12:00 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin dimintai pertolongan Perdana Menteri Armenia untuk antisipasi serangan Azerbaijan.
Presiden Rusia Vladimir Putin dimintai pertolongan Perdana Menteri Armenia untuk antisipasi serangan Azerbaijan. /Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via REUTERS

BAGIKAN BERITA – Serangan azerbaijan ke Perbatasan Armenia di wilayah Nagorno-Karabakh membuat Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan menghubugi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Nikol Pashinyan meminta pertolongan kepada Putin untuk bisa menghentikan serangan Azerbaijan di wilayah pertasannya tersebut.

Akibat serangan Azerbaijan, sejumlah tentara armenia dilaprkan tewas dan sejumlah fasilitas publik hancur.

“Perdana menteri memaparkan perincian tindakan provokatif dan agresif Angkatan Bersenjata Azerbaijan terhadap wilayah kedaulatan Armenia, yang dimulai pada tengah malam, disertai dengan penembakan dari artileri dan senjata api kaliber besar,” demikian pernyataan kantor berita Spuntik melaporkan pernyataan pemerintah, Selasa 13 September 2022.

Baca Juga: Jadwal Acara TV SCTV Selasa 13 September 2022 ada Takdir Cinta yang Kupilih, Liga Champions, Lara Ati

Pertempuran Azerbaijan dan Armenia dipicu karena perebutan wilayah Nagorno-Karabakh yang telah disengketakan sejak tahun 1980.

Media lokal melaporkan Azerbaijan menyerang Armenia dengan meledakkan bom menggunakan artileri dan drone.

“Tembakan dilepaskan di sepanjang garis perbatasan Armenia-Azerbaijan, dan pemerintah di Yerevan telah mengadakan pertemuan darurat,” ungkap laporan media lokal.

Azerbaijan, yang pada 2020 merebut kembali kendali wilayah itu setelah konflik selama enam pekan, mengatakan sejumlah personel pasukannya jadi korban.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Reuters ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x