Masuk Daftar Negara Termiskin di Dunia, Timor Leste Ingin Kembali Gabung ke Indonesia

- 4 September 2020, 16:23 WIB
Semoga pemerintahan Timor Leste bisa memakmurkan rakyatnya tanpa harus bergabung lagi dengan Indonesia, karena pasti rakyat NKRI menolak!
Semoga pemerintahan Timor Leste bisa memakmurkan rakyatnya tanpa harus bergabung lagi dengan Indonesia, karena pasti rakyat NKRI menolak! /Laurensius Molan/ANTARA FOTO

BAGIKAN BERITA - Timor Leste dikabarakan sedang dalam krisis ekonomi. Negara yang memisahkan diri dari Indonesia sejak Mei 2002 silam itu diisukan ingin bergabung kembali dengan Indonesia.

Rakyat Timor Leste menganggap, setelah merdeka dari Indonesia, kehidupannya tidak jauh lebih baik. Bahkan, infrastruktur di Timor Leste cenderung berjalan lambat.

Seperti diketahui, Timor Leste sempat menjadi bagian dari Tanah Air namun memutuskan merdeka pada 20 Mei 2002 silam.

Baca Juga: Walikota Bandung Oded M Danial Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Dugaan Korupsi RTH

Adapula fakta-fakta lainnya terkait Timor Leste yang telah dirangkum BAGIKAN BERITA berikut.

1. Kronologi Timor Leste Merdeka

Sebelum berubah nama, Timor Leste merupakan salah satu provinsi ke-27 di Indonesia alias provinsi termuda, yakni Timor Timur (Timtim).

Pada 19 Desember 1998, terdapat surat dari Perdana Menteri Australia untuk Presiden B.J Habibie terkait kemerdekaan Timor Timur.
Atas pertimbangan masyarakat Timor Timur yang kerap tak bersatu dengan wilayah lainnya, B.J Habibie sempat menyatakan ingin melepas provinsi tersebut secara baik-baik melalui sidang MPR.

Baca Juga: Ibu Tega Bunuh Lima Anaknya Akibat Prustasi

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah