Innalillahi, Lebih dari 2.000 Orang Tewas dalam Gempa Bumi Afghanistan 6,3 Magnitudo

- 9 Oktober 2023, 09:25 WIB
Tiga Korban Jiwa Gempa Bumi Terkini di Afghanistan
Tiga Korban Jiwa Gempa Bumi Terkini di Afghanistan /Tangkap Layar/Reuters/

BAGIKAN BERITA – Afghanistan diguncang gempa bumi dahsyat pada Sabtu 7 Oktober 2023 sore. Akibatnya, sebanyak lebih dari 2.000 orang tewas dan lebih dari 9.000 orang luka-luka.

Selain itu, gempa bumi mematikan di Afghanistan juga menghancurkan rumah-rumah, gedung pemerintahan hingga sarana publik.

Melancir Reuters, peristiwa itu menjadi bencana paling mematikan selama bertahun-tahun di negara pegunungan yang rawan gempa itu.

Angka kematian itu meningkat tajam dari 500 orang yang dilaporkan Bulan Sabit Merah pada Minggu pagi dan dari 16 orang tewas yang dilaporkan pada Sabtu malam.

Gempa-gempa itu mengguncang daerah yang berjarak 35 kilometer barat laut Kota Herat, salah satunya berkekuatan magnitudo 6,3, menurut Badan Survei Geologi AS (USGS).

Juru bicara Kementerian Bencana Afghanistan, Mullah Janan Sayeeq, mengatakan kepada Reuters bahwa 2.053 orang tewas, 9.240 orang terluka, serta 1.329 rumah rusak atau hancur.

Baca Juga: Bocoran Kode Promo Grab dan Gojek, Senin 9 Oktober 2023, Pakai GoSend Lebih Hemat Rp15 Ribu

Lebih dari 200 jenazah dibawa ke rumah-rumah sakit, kata pejabat Departemen Kesehatan Herat yang menyebut dirinya sebagai dr Danish.

Dia menambahkan bahwa sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak. “Jenazah-jenazah itu telah dibawa ke beberapa tempat --markas militer, rumah sakit,” kata Danish.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x