Inilah 6 Menteri Baru yang Dipilih Jokowi, dari Tri Rismaharini, Yaqut Cholil, hingga Sandiaga Uno

- 22 Desember 2020, 16:50 WIB
Jokowi mengganti 6 menteri, Selasa 22 Desember 2020.
Jokowi mengganti 6 menteri, Selasa 22 Desember 2020. /Tangkapan Layar/@Sekretariat Kepresidenan

BAGIKAN BERITA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melakukan perombakan Kabinet Indonesia Maju di masa jabatannya periode kedua. 

Sejumlah tokoh publik sudah tak Asing lagi, di antaranya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno, dan Ketua Banser Yaqut Cholil Qoumas. 

Ada enam posisi menteri yang diganti oleh Jokowi. Reshuffle ini memang santer terdengar karena Jokowi beberapa kali mengungkapkan kekecewaannya kepada kinerja Menteri yabg buruk terutama saat pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Jokowi Angkat Ketua Banser Yaqut Cholil Qoumas Jadi Menteri Agama Gantikan Fachrul Razi

Terlebih, tertangkapnya dua menteri Jokowi yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari P Batubara oleh KPK. 

"Bapak ibu yang saya hormati, pada sore hari yang berbahagia ini. Saya bersama bapak wakil presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia maju," kata Jokowi saat pengumuman nama menteri baru di Istana Negara. 

"Saya akan memperkenalkan satu per satu. Yang pertama, ibu Tri Rismaharini. Saya kira kita tahu semuanya, beliau adalah Wali Kota Surabaya, dan saat ini bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Sosial," ucap Jokowi. 

Baca Juga: Presiden Jokowi umumkan 6 Menteri Baru, Risma Gantikan Juliari Batubara Sebagai Menteri Sosial

Setelah Risma, Jokowi kemudian memperkenalkan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x