Peringatan Hari Bela Negara, Jabar Luncurkan Bangkit Channel Media Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila

- 22 Desember 2020, 08:53 WIB
Peringatan Hari Bela Negara Tingkat Provinsi Jabar Sekaligus Luncurkan Bangkit Channel Media Sosialisasi dan Edukasi Nilai-Nilai Pancasila
Peringatan Hari Bela Negara Tingkat Provinsi Jabar Sekaligus Luncurkan Bangkit Channel Media Sosialisasi dan Edukasi Nilai-Nilai Pancasila /Dok. Humas Jabar/

BAGIKAN BERITA-Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar Peringatan Hari Bela Negara 2020 Tingkat Provinsi Jabar di Gedung Majestic, Kota Bandung, Senin 21 Desember. Protokol kesehatan 3M diterapkan dengan ketat sepanjang peringatan berlangsung.

Jumlah peserta yang hadir langsung dalam peringatan tersebut dibatasi. Hanya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), serta kepala dinas terkait, yang hadir secara langsung.

Sedangkan, kepala dinas di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten/Kota hadir via konferensi video. Masyarakat Jabar mengikuti peringatan tersebut melalui YouTube Humas Jabar.

Baca Juga: Mengenal Antanan, Tumbuhan Liar yang Bisa Membuat Orang Menjadi Pintar

Di tempat terpisah, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan bahwa bela negara merupakan alat untuk mencapai tujuan cita-cita bangsa dengan menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Nilai Pancasila sendiri pada dasarnya merupakan landasan prioritas bela negara dan fondasi dalam pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) unggul di berbagai bidang.

"Saya akan selalu jaga Pancasila. Radikalisme harus dilawan. Keadilan harus dibela. Dulu kakek saya dipenjara Belanda dan dimusuhi DI TII, Pakde saya meninggal dibunuh PKI. NKRI dan Pancasila adalah jalan ninja keluarga kami," kata Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil.

Baca Juga: Apresiasi Perawat di Jabar, Ridwan Kamil Kirim Kue Tar dan Siapkan Monumen Pahlawan COVID-19

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang membuka peringatan secara langsung menyatakan bahwa bela negara harus jadi spirit seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Jabar.

"Harapan kami masyarakat Jawa Barat terus menguatkan persatuan dan kesatuan. Karena dengan kesatuan persatuan akan hadir kedamaian, ketenangan, dan kebersamaan. Dari kebersamaan, akan menjadi suatu kekuatan," kata Kang Uu.

Kang Uu pun mengatakan, peringatan Hari Bela Negara menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat supaya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x