27 Kepala Daerah di Jabar Teken Perjanjian Kerjasama Program Pengampuan RSHS Bandung

- 9 April 2024, 14:25 WIB
Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono memberi arahan saat Launching Transformasi Perubahan Budaya Kerja dan Penandatanganan MOU Program Pengampuan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Gedung Pamitran Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, Kamis 4 April 2024.
Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono memberi arahan saat Launching Transformasi Perubahan Budaya Kerja dan Penandatanganan MOU Program Pengampuan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Gedung Pamitran Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, Kamis 4 April 2024. /

BAGIKAN BERITA – Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama dengan 27 Kabupaten/Kota terkait Program Pengampuan (penguatan akses dan mutu pelayanan kesehatan).

MoU tersebut ditandatangani oleh para kepala daerah di Provinsi Jawa Barat bersama Direktur Utama RSHS Jimmy Panelewen disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dr. Nina Susana Dewi dan Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono dalam kegiatan Launching Transformasi Perubahan Budaya Kerja dan Penandatanganan MOU Program Pengampuan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Gedung Pamitran Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, Kamis 4 April 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. Nina Susana Dewi, mengatakan bahwa program pengampuan ini merupakan salah satu upaya dari Kementerian Kesehatan RI dalam menegakan transformasi sistem kesehatan di Indonesia dengan menghadirkan 6 pilar transformasi yang salah satunya adalah transformasi layanan rujukan.

“Dalam perjalanannya transformasi layanan kesehatan tidak dapat berdiri sendiri, sehingga perlu ada kolaborasi dengan banyak stakeholder dan dukungan dalam bentuk sarana, prasarana, maupun SDM yang terampil,” terangnya.

Baca Juga: 35 Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang Cocok Dipasang di Medsos dan WhatsApp

Untuk diketahui, Provinsi Jawa Barat telah ditetapkan 38 rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit lainnya yang akan berkolaborasi dan bekerja sama dalam program pengampuan. Banyaknya pihak yang bekerja sama ini dikarenakan transformasi layanan kesehatan memerlukan banyak kolaborasi dan dukungan dalam bentuk sarana, prasarana, maupun sumber daya yang terampil dari stakeholer terkait.

Direktur Utama RSHS Jimmy Panelewen mengatakan, budaya baru merupakan program kementerian kesehatan terkait transformasi budaya kerja. Di Jabar harus melakukan internalisasi terhadap perubahan budaya kerja. Kegiatan ini adalah sesuatu hal yang sifatnya momentum karena semua pihak stakeholder hadir sehingga paham betul budaya kerja yang harus ditransformasi.

“Yang paling penting implementasinya karena harus konsisten. Ada indikatornya. indikator saya cuma satu, kalau dia udah merasa kurang itu berarti ia mempunyai budaya kerja yang baik,” katanya.

Baca Juga: Jadwal Acara Moji TV hari ini Selasa 9 April 2024, simak Sidang Isbat 1 Syawal, Moji Movie: London Love Story

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah