Kabar Baik, 3 Bansos Ini Siap Meluncur Serentak Mulai Hari ini, 4 Januari 2021

- 4 Januari 2021, 12:58 WIB
 Ilustrasi pengumuman Bantuan Sosial*/ / Iwan Rahmansyah/
Ilustrasi pengumuman Bantuan Sosial*/ / Iwan Rahmansyah/ /

BAGIKAN BERITA - Dalam upaya penanganan kemiskinan, pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menetapkan beberapa program bantuan sosial.

Di tahun 2021 ini, penyaluran bantuan sosial akan dimulai serentak di minggu pertama bulan Januari 2021.

Dikutip dari akun resmi Kementerian Sosial RI, percepatan penyaluran bantuan sosial ini ditujukan membantu menjaga perputaran ekonomi. Meski demikian terdapat mekanisme khusus untuk beberapa daerah terluar, terpencil, dan tertinggal (3T).

Baca Juga: Live Streaming Ikatan Cinta Malam Ini, Manjanya Andin ke Aldebaran Saat Minta Dibantu Duduk

Untuk Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2021 tidak ada perubahan besaran bantuan dan tetap akan disalurkan secara bertahap.

Begitu pula dengan BPNT/Program Kartu Sembako tidak mengalami perubahan besaran bantuan. Namun di tahun 2021 ditargetkan menyasar 18,8 juta keluarga.

Selain itu, Kementerian Sosial rencananya juga akan mengatur barang-barang apa yang bisa dibelanjakan, termasuk memantau dan mengevaluasi agar penerima PKH maupun Program Kartu Sembako tidak menggunakan dana bantuan untuk membeli rokok dan barang yang bukan kebutuhan pokok lainnya.

Baca Juga: So Sweet, Manjanya Andin ke Aldebaran: Bantu Aku Duduk Mas, di Ikatan Cinta

Sementara itu Bantuan Sosial Tunai (BST) sebagai penanganan dampak pandemi #Covid19, akan dilanjutkan di tahun 2021 yakni disalurkan 4 kali yaitu bulan Januari, Februari, Maret, April. Besaran bantuan ditambah yang sebelumnya Rp200 ribu menjadi Rp300 ribu/bulan/keluarga.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x