Inilah Wilayah Indonesia yang Bisa Menikmati Gerhana Bulan Total dan Panduan Tata Cara Sholat Gerhana

- 26 Mei 2021, 07:14 WIB
Inilah Wilayah Indonesia yang Bisa Menikmati Gerhana Bulan Total dan Panduan Tata Cara Sholat Gerhana
Inilah Wilayah Indonesia yang Bisa Menikmati Gerhana Bulan Total dan Panduan Tata Cara Sholat Gerhana /pixabay/

BAGIKAN BERITA - Gerhana Bulan Total (GMT) atau Super Blood Moon akan terjadi pada 26 Mei 2021 malam ini di belahan dunia. Adapun bagian Bumi yang bisa menikmati gerhana bulan ini dengan maksimal adalah lingkar Pasifik serta Hawaii.

Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon diprediksi akan berlangsung singkat. Fenomena itu kemungkinan berlangsung kurang dari 15 menit. Namun, proses menuju gerhana bulan total akan memakan waktu hingga 5 jam.

Melansir Earth Sky, Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021 akan menjadi bulan purnama terdekat tahun ini. Beberapa orang mungkin menyebutnya Super Blood Moon. Gerhana bulan purnama terdekat seperti itu terakhir terjadi pada 28 September 2015.

Baca Juga: Perang di Nagorno-Karabakh Belum Sepenuhnya Berakhir, Serdadu Armenia Tewas Ditembak Tentara Azerbaijan

Sedangkan di Indonesia sendiri gerhana bulan ini tidak bisa diamati secara optimal, tapi masyarakat masih bisa menyaksikan detik-detik fenomena ini terjadi.

Gerhana Bulan merupakan fenomena alam yang sering terjadi. Terjadinya Gerhana Bulan adalah saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan Bumi.

Itu terjadi bila Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus yang sama sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai Bulan karena terhalangi oleh Bumi.

Baca Juga: Gratis, Inilah 20 Link Template Bingkai Foto dan Twibbon Ucapan Hari Raya Waisak 2021

Sementara itu, Gerhana bulan itu sendiri dibagi dalam tiga jenis:

Pertama, gerhana Bulan Total. Pada gerhana ini, bulan akan tepat berada pada daerah umbra (bayangan inti yang berada di bagian tengah dan sangat gelap).

Halaman:

Editor: Ali Bakti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x