Update Link Live Streaming Rukyatul Hilal dan Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah Kementerian Agama

- 30 April 2022, 13:10 WIB
Ilustrasi. Kementerian Agama (Kemenag) akan sidang isbat dan penetapan 1 Syawal 1443 H yang bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.
Ilustrasi. Kementerian Agama (Kemenag) akan sidang isbat dan penetapan 1 Syawal 1443 H yang bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. /ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI

BAGIKAN BERITA – Pemerintah melalui Kementerian Agama RI menggunakan metode rukyatul hilal untuk menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah.

Metode Rukyatul Hilal digunakan oleh pemerintah setiap tahunnya untuk memastikan posisi bulan baru yang menjadi penanda bergulirnya bulan.

Metode rukyatul hilal yang dilakukan pemerintah sama dengan metode Nahdlatul Ulama (NU) dalam menentukan awal puasa Ramadhan dan Idul Fitri.

Sementara Muhammadiyah, memiliki metode sendiri yakni metode hisab hakiki wujudul hilal yang selalu dipakai setiap tahunnya.

Baca Juga: Inilah Jadwal Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah, Masyarakat Bisa Nonton Langsung di Link Berikut

Masyarakat yang ingin menyaksikan rukyatul hilal dan sidang isbat di Kementerian Agama bisa menonton melalui siaran langsung TVRI dan channel Youtube Kemenag.

Kementerian Agama sendiri akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1443 hijriah pada Minggu 1 Mei 2022.

Sidang Isbat ini rencananya akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI Jakarta.

Kemenag telah menyebar undangan untuk Sidang Isbat ini kepada Komisi VIII DPR RI, akademisi dari sejumlah universitas, pimpinan pondok pesantren, serta para pakar dan ahli falak.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x