Belum Terlambat, Puasa Muharram Sampai Tanggal 10, Begini Niatnya

- 22 Agustus 2020, 16:26 WIB
Ilustrasi berpuasa.
Ilustrasi berpuasa. /PEXELS/bongkarn

BAGIKAN BERITA - Umat Islam baru saja merayakan pergantian tahun hijriah. Awal tahun hijrian yaitu Bulan Muharam. 

Pada tanggal 1 sampai 10 Muharram, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa. Jika dilihat dari kalender, hati ini, Sabtu, 22 Agustus 2020 merupakan hari ketiga di Bulan Muharram. Artinya, masih ada tujuh hati lagi bagi umat Islam yang ingin berpuasa sunah. 

Kalender Hijiriyah berbeda dengan kalender Masehi, dimana perthitungannya menggunakan metode rotasi bulan sebagai penanda hari. Jadi, dalam hal ini bergantinya hari dimulai pada saat matahari terbenam atau setelah Maghrib.

Baca Juga: Jadwal Acara GTV Hari Ini Sabtu 22 Agustus 2020, Saksikan Malam ini Miami Vice dan Bedah Rumah Baru

Dalam tradisi Arab kuno, 1 Muharram bulannya dinamakan Muharram karena berada di waktu-waktu yang dilarang oleh suku-suku Arab untuk saling berperang dalam situasi tahun dan lembaran baru Hijriyah.

Muslim di seluruh dunia yang beragama Islam sangat dianjurkan untuk berpuasa pada bulan baru Muharram ini, yaitu pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Hadits Anjuran Puasa Sunnah Muharram

Dalam beberapa riwayat hadits, Rasululullah menganjurkan kepada umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah pada bulan Muharram. Para ulama menekankan juga keutamaan melaksanakan puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

حَدِيْثُ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ قُرَيْشًا كَانَتْ تَصُوْمُ عَاشُورَاءَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ ثُمَّ أَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصِيَامِهِ حَتَى فُرِضَ رَمَضَانَ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ شَاءَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ شَاءَ فَلْيُفْطِرْهُ

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Potensi Bisnis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x