Waspada, Jangan Olahraga Berlebihan Sebab Dapat Menyebabkan Serangan Jantung

- 23 November 2023, 20:33 WIB
Ilustrasi olahraga/Pixabay.com
Ilustrasi olahraga/Pixabay.com /

BAGIKAN BERITA – Olahraga berlebihan  atau overtraining merujuk pada kondisi di mana seseorang melakukan aktivitas fisik atau latihan olahraga dengan intensitas dan frekuensi yang melebihi kapasitas pemulihannya.

Ini dapat terjadi ketika seseorang tidak memberikan tubuh cukup waktu untuk pulih setelah latihan atau terlalu sering melibatkan diri dalam aktivitas fisik intens.

Untuk mencapai kebugaran dan kesehatan jantung biasanya seseorang melakukan olahraga, namun melakukan olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan serangan jantung.

Laman Hindustan Times, Rabu 22 November 2023, waktu setempat menyebutkan ahli jantung di Asian Heart Institute Mumbai Dr. Abhijit Borse mengatakan rutinitas olahraga yang ketat sering kali bertujuan untuk mencapai kebugaran fisik puncak, namun secara tidak sengaja dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung.

“Olahraga pasti dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko obesitas, meningkatkan kadar kolesterol, dan memperkuat otot jantung. Meskipun beraktivitas penting untuk kesehatan jantung, tapi tetap harus menjaga keseimbangannya. Olahraga berlebihan, terjadi ketika seseorang melakukan olahraga yang intens dalam jangka waktu lama tanpa memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri,” kata Borse.

Baca Juga: KPK Menghormati Proses Hukum Firli Bahuri di Polda Metro Jaya Setelah Ditetapkan sebagai Tersangka

 Kekhawatiran utama dari olahraga berlebihan, kata Borse, adalah ketegangan yang terjadi pada jantung. Selama aktivitas fisik yang berat, jantung memompa lebih banyak darah untuk memasok oksigen dan nutrisi ke otot.

Ini adalah respons normal terhadap olahraga, dan membantu meningkatkan kinerja jantung untuk menjadi lebih efisien. Namun, jika olahraga dilakukan secara ekstrem, jantung bisa menjadi terlalu banyak bekerja dan lelah, sehingga meningkatkan risiko kejadian buruk pada jantung.

Salah satu kondisi umum yang terkait dengan olahraga berlebihan dikenal sebagai “jantung atlet” atau “remodeling jantung akibat olahraga”.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x