Menteri Agama Terbitkan Surat Edaran Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1445 H

- 7 Maret 2024, 21:00 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. /pandapotans/kemenag.go.id

 

BAGIKAN BERITA -- Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2024 yang memuat Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 H/2024 M. Surat tersebut ditandatangani pada 26 Februari 2024 dan mengatur berbagai hal terkait penyelenggaraan ibadah.

Salah satu poin penting dalam surat edaran tersebut adalah pengaturan volume pengeras suara, yang tidak boleh melebihi 100 dB (seratus desibel), disesuaikan dengan kebutuhan. Terkait dengan syiar Ramadan, edaran ini juga menetapkan penggunaan pengeras suara dalam pelaksanaan Salat Tarawih, ceramah/kajian Ramadan, dan tadarrus Al-Qur’an.

Berikut adalah ketentuan lengkap dari Surat Edaran Menteri Agama tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2024, yang dapat dilihat melalui laman resmi Kementerian Agama pada Kamis, 7 Maret 2024:

Baca Juga: Jadwal Acara Moji TV hari ini Kamis 7 Maret 2024, simak Choti Sarrdaarni, Best Of Sports, Netizen Update

1. Umat Islam diimbau untuk tetap menjaga ukhuwah islamiyah dan toleransi dalam menyikapi potensi perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

2. Umat Islam melaksanakan ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri sesuai dengan syariat Islam dan menjunjung tinggi nilai toleransi.

3. Umat Islam dianjurkan untuk mengisi dan meningkatkan syiar pada bulan Ramadan dengan tetap mempedomani Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

4. Umat Islam dimbau untuk melaksanakan berbagai kegiatan di masjid, musala, dan tempat lain dalam rangka syiar Ramadan dan menyampaikan pesan-pesan taqwa serta mempererat persaudaraan sesama anak bangsa.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x