Jadwal Pengumuman Penetapan Hasil Pemilu Presiden 2024, Akankah Prabowo-Gibran benar Benar Menang 1 Putaran?

- 19 Maret 2024, 16:00 WIB
Hasil Rekapitulasi KPU Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Unggul di 31 Provinsi, Anies-Muhaimin Kuasai Yogyakarta
Hasil Rekapitulasi KPU Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Unggul di 31 Provinsi, Anies-Muhaimin Kuasai Yogyakarta /DB /Instagram

BAGIKAN BERITA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan akan mengumumkan penetapan hasil pemilihan umum untuk Pilpres dan Pileg 2024 pada Rabu 20 Maret 2024.

Anggota KPU RI August Mellaz mengungkapkan, Mellaz menjelaskan hasil Pemilu bisa langsung diumumkan setelah selesai rekapitulasi nasional.

“Yang jelas, rekapitulasi merupakan variabel utama dalam penetapan hasil Pemilu. Tenggat waktu yang ditetapkan adalah 20 Maret, dan jika rekapitulasi selesai tepat waktu, proses berikutnya untuk penetapan bisa dilanjutkan,” ujar Mellaz.

Berdasarkan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional yang berlangsung dari Rabu 28 Februari hingga Senin 18 Maret 2024, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 427.871 suara di 128 wilayah PPLN.

Sementara itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menempati posisi kedua dengan 125.110 suara, diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan 118.385 suara.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Rayakan Ramadan Melalui Program Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

KPU juga telah mengesahkan perolehan suara Pilpres pada 34 provinsi di tingkat nasional, antara lain Daerah Istimewa Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat.

Selain itu, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, dan Nusa Tenggara Timur juga termasuk di antara provinsi yang telah menyelesaikan rekapitulasi.

Dari total provinsi yang telah melaksanakan rekapitulasi, pasangan calon nomor urut 2 unggul di 32 provinsi, sedangkan sisanya didahului oleh pasangan nomor urut 1.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x