Hasil Semifinal EURO 2020: Italia Bungkam Spanyol Lewat Drama Adu Penaltiti

- 7 Juli 2021, 08:57 WIB
Italia Tatap Gelar EURO 2020 dan Jadi Penguasa Eropa
Italia Tatap Gelar EURO 2020 dan Jadi Penguasa Eropa /Foto: Pool via REUTERS/CARL RECINE/



BAGIKAN BERITA - Timnas Italia berhasil lolos ke partai final Euro 2020 usai kalahkan timnas Spanyol pada partai semifinal lewat drama adu penalti.

Kemenangan Italia atas Spanyol di pentas semifinal Euro 2020 tak terlepas dari sosok penjagawa gawang Gianluigi Donnarumma yang tampil gemilang usai mementahkan tendangan dari Alvaro Morata, tentunya dengan kemenangan Italia, mereka berhak melaju ke partai final Euro 2020.

Laga semifinal Euro 2020 dini hari tadi antara Italia vs Spanyol berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris pukuk 02.00 WIB live di RCTI dan Live Streaming di Mola TV.

Baca Juga: Profil dan Biodata Lengkap Lionel Messi, Bintang Barcolena Asal Argentina di Semifinal Copa America 2021

Kekalahan Spanyol di semifinal Euro 2020 disinyalir karena gagalnya Morata dalam menendang adu penalti, akan tetapi peran Morata lah yang mampu mengantarkan Spanyol ke drama adu penalti tersebut.

Pada drama adu penalti, empat gol masuk ke gawang Spanyol hanya memasukan 2 gol dari 4 penendang, skor akhir pub 4-2 keunggulan untuk Italia.

Untuk penendag yang berhasil cetak gol penalti adalah Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, kemudian penendang pertama mereka Manuel Locatelli gagal karena diselamatkan oleh kiper Spanyol Unai Simon.

Baca Juga: Masih Berlangsung, Semifinal Copa America 2021 Argentina vs Colombia, Siapakah yang Akan masuk ke Final?

Berbanding terbalik, Spanyol hanya dapat dari dua algojo yaitu Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, dan tendangan Dani Olmo melebar di atas gawang dan tendangan Morata dimentahkan kiper Gianluigi Donnarumma.

Berdasarkan catatan sejarah, Ini merupakan kegagalan Spanyol memenangkan semifinal Euro dari lima babak semifinal yang mereka lakoni. Tiga di kalinya berakhir tembus juara Eropa.

Sedangkan Italia, merupakan final Euro keempatnya. Mereka berusaha bangkit dan optimis mengulang sukses di tahun 1968 silam saat lakoni final membungkam Yugoslavia 2-0 dalam final di Roma.

Baca Juga: Link Live Streaming Partai Semifinal Copa America 2021: Argentina vs Colombia, Siapa yang Susul Brazil di Fina

Sebagai infirmasi bagi anda,  merupakan final kesepuluh bagi Italia dalam gelaran sepakbola internasional (Piala Dunia dan Piala Eropa).

Di daratan Eropa hanya Jerman yang mampu melebihi pencapaian gemilang Italia.

Baca Juga: Hasil Italia vs Spanyol di Euro 2020: Italia Melaju ke Final Kalahkan Spanyol Melalui Adu Pinalti

Laga Italia vs Spanyol harus dibawa ke adu penali karena dari menit awak hingga 120 menit tak ada gol tambahan, gol pertama Italia dicetak oleh Federico Chiesa dan gol Spanyol ditorehkan oleh Alvaro Morata.

Hasil kemenangan Italia atas Spanyol, mereka pun lolos ke partai puncak final Euro 2020.***

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x