Kamu Wajib Tahu! Inilah.4 Cara Atasi Kaca Helm Ngembun Saat Musim Hujan

- 1 Maret 2024, 16:16 WIB
Tips Perawatan Helm Agar Tetap Aman dan Nyaman, Perhatikan 3 Langkah Ini
Tips Perawatan Helm Agar Tetap Aman dan Nyaman, Perhatikan 3 Langkah Ini /

BAGIKAN BERITA-Berkendara sepeda motor di jalan raya wajib menggunakan helm sebagai perangkat keselamatan berkendara. Helm memiliki fungsi untuk melindungi seluruh bagian kepala dari benturan ketika mengalami kecelakaan. Namun harus diperhatikan, helm juga harus memiliki visibilitas yang baik saat digunakan, agar tidak mengganggu pandangan dan konsentrasi saat berkendara.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma mengatakan, “Kendala yang sering dialami pengendara ketika menggunakan helm adalah kaca helm yang mengembun terutama saat berkendara dalam kondisi hujan. Penyebabnya adalah karena perbedaan suhu dimana hujan yang menyebabkan suhu diluar helm yang dingin, sedangkan di dalam helm lebih hangat apalagi ditambah dengan hembusan nafas dari pengendara.”

Akibatnya embun yang menempel pada helm menyebabkan pandangan terganggu, jika dibiarkan maka bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga: Waspada Jalanan Licin Saat Hujan Mulai Turun saat Mengendarai Sepeda Motor

 Lantas bagaimana cara mengatasi kaca helm yang mengembun saat digunakan berkendara di musim hujan. Berikut diantaranya :

 

1. Buka kaca helm

Cara pertama merupakan cara yang paling mudah. Kaca helm diharuskan untuk tertutup rapat saat digunakan. Tapi jika dalam kondisi tertentu seperti munculnya embun yang menempel pada kaca helm, pengendara bisa membuka kaca helm. Tujuannya agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar, dan udara panas di dalam helm bisa keluar dan menghilangkan embun.

 

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah