Hore, Pertamina Beri Bantuan Modal Usaha hingga Rp200 Juta untuk Rakyat Kecil Tanpa Jaminan, Begini Syaratnya

- 6 April 2022, 12:45 WIB
Logo Pertamina. Bantuan modal usaha dari PT Pertamina untuk pengusaha kecil hingga Rp200 juta tanpa jaminan dalam program PKBL.
Logo Pertamina. Bantuan modal usaha dari PT Pertamina untuk pengusaha kecil hingga Rp200 juta tanpa jaminan dalam program PKBL. /PT. Pertamina (Persero)

BAGIKAN BERITA – Rakyat pelaku pelaku usaha mikro dan kecil dan menengah (UMKM) yang tak bisa mengajukan pinajaman modal usaha ke bank karena tak memiliki jaminan, bisa mengajukan Program Kemitraan ke perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Salah satu BUMN yang memberikan bantuan modal usaha untuk UMK adalah PT Pertamina (Persero).

Sebagaimana peraturan Kementerian BUMN, Prorgam Kemitraan memberikan pinjaman modal usaha kepada para pengusaha kecil hingga Rp200 juta tanpa jaminan.

Selain itu, UMKM yang menjadi mitra BUMN akan mendapatkan bimbingan usaha, agar leih maju dan berkembang.

Baca Juga: PNM Mekaar plus Beri Dana Besar Plafond hingga Rp25 Juta Khusus Kaum Perempuan, Ini Syarat dan Kriterianya

Keuntuangan mengajukan PKBL di Pertamina adalah tanpa adanya bunga. Mita hanya perlu membayar biasa adminitrasi saja sebesar 3 persen dari nominal pinjaman. 

Jangka waktu pengembalian pinjaman pun cukup lama hingga tiga tahun.

Melansir infopkbl.bumn.go.id, program kemitraan merupakan program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri, sedangkan program bina lingkungan yaitu program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat oleh BUMN.

Baca Juga: Cara Mudah Dapat Bantuan Modal Usaha dari Pertamina Rp200 Juta Tanpa Jaminan, Siapkan Syarat dan Ikuti Caranya

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: pertamina.com infopkbl.bumn.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x