Mengenal Software Akuntansi, Fungsinya dan Tips Memilihnya

- 26 Mei 2022, 10:54 WIB
Ilustrasi software akuntansi
Ilustrasi software akuntansi /Pixabay/Firmbee

BAGIKAN BERITA- Memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis kecil Anda sangatlah penting. Terlepas dari  apakah Anda mengelola pembukuan sendiri atau melakukan outsourcing dalam proses pembukuan, perangkat lunak pembukuan Anda akan memberikan akses mudah ke informasi manajemen keuangan penting.  Antara lain, informasi yang memungkinkan Anda untuk memantau arus kas dan dapat membuat keputusan manajemen keuangan yang lebih baik.

Pada artikel ini kita akan membahas lebih jauh tentang software akuntansi, pentingnya software akuntansi bagi bisnis dan tips sebelum Anda memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda.

Apa Itu Software akuntansi?

Software akuntansi  atau pembukuan adalah  program komputer yang memungkinkan Anda untuk mengelola transaksi keuangan bisnis Anda.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Aplikasi Simpeg Indonesia untuk Manajemen Karyawan

Program-program semacam itu dapat sangat bervariasi dalam cakupannya, dengan beberapa program dirancang untuk sedikit lebih dari sekadar pembukuan sederhana dan beberapa dirancang untuk mengelola keseluruhan masuk dan keluar keuangan bisnis besar.

Menggunakan software akuntansi membantu perusahaan untuk menggunakan sumber daya di departemen akuntansi mereka secara efisien, dan dapat mengurangi kesalahan pembukuan yang mahal.

Fungsi Software akuntansi

1. Peningkatan Akurasi Akuntansi

Manfaat software akuntansi mencakup peningkatan akurasi dengan mengurangi atau menghilangkan kesalahan manusia dalam penghitungan. Proses pembukuan manual melibatkan banyak perhitungan matematika dengan tangan. Perhitungan yang salah di awal proses dapat berdampak besar pada saldo akhir.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x