Inilah 9 Tips Mendidik Anak Lelaki Supaya Menjadi Pria Sejati, Nomor 5 yang Paling Penting

- 10 Februari 2021, 06:01 WIB
  Inilah 9 Tips Mendidik Anak Lelaki Supaya Menjadi Pria Sejati, Nomor 5 yang Paling Penting
Inilah 9 Tips Mendidik Anak Lelaki Supaya Menjadi Pria Sejati, Nomor 5 yang Paling Penting /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Mendidik anak lelaki tentunya tidak sama dengan mendidik anak perempuan. Anak laki-laki tidak boleh terlalu dimanjakan. Sebaliknya, mereka harus dilatih kemandirian semenjak kecil.

Kenapa demikian? Sebab seorang anak lelaki itu kelak menjadi pemimpin dalam rumah tangganya. Mereka memiliki tanggung jawab besar dalam melindungi sekaligus menjadi tulang punggung keluarga.

Orangtua harus menjadikan anak lelaki tersebut tumbuh menjadi lai-laki sejati. Anak adalah peniru yang ulung dari apa saja yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi mendidik anak tidak cukup hanya dengan ucapan saja, namun orang tua perlu memberikan contoh perilaku yang baik pada anak.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca 10 Februari 2021: Hati-Hati Sedia Payung, Bandung akan Hujan dari Pagi hingga Malam Hari

Jadi sebagai orang tua harus mengajarkan dan memberi contoh kepada anak laki-lakinya mengenai ucapan dan perilaku yang baik agar anak tumbuh menjadi laki-laki sejati.
Namun, pada kenyataanya praktek penerapannya itu lebih sulit dibandingkan dengan teori yang ada.

Nah, untuk memudahkan orantua menjadikan anaknya menjadi laki-laki sejati, berikut ini terdapat 9 tips yang telah dirangkum redaksi Bagian Berita di berbagai sumber berikut penjelasannya :

1. Memberi contoh cara Ayah Memperlakukan Ibu dengan baik
Anak usia dini mudah menyerap informasi dan menjadikan yang dilihat, dirasa, dan didengarnya dari orang terdekat sebagai kebenaran.

Baca Juga: Di-Bully Netizen, Nia Rahmadhani Akui Tak Mampu Memandu Acara TikTok Awards Indonesia 2020 bersama Raffi Ahmad

Kalau anak melihat ayah memperlakukan ibu dengan hormat, demikian juga pria-pria dewasa di sekitarnya berlaku sopan kepada perempuan, anak akan mencontoh perilaku tersebut dan secara tak langsung membangun karakternya sendiri.

2. Pisah tidur dari orang tua dan saudara perempuan saat usia 9 tahun
Hal ini berguna untuk menghindari rangsangan seksual sekaligus melatih kemandirian dan keberanian anak laki-laki kita.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah