5 Manfaat dari Ikan Gabus yang Perlu Anda Ketahui, No 3 Paling Penting

- 5 Januari 2021, 19:39 WIB
 5 Manfaat dari Ikan Gabus yang Perlu Anda Ketahui, No 3 Paling Penting
5 Manfaat dari Ikan Gabus yang Perlu Anda Ketahui, No 3 Paling Penting /Instagram. Com/@gabuschanna/

BAGIKAN BERITA-Wilayah yang memiliki perairan, seperti sungai, rawa, parit dan danau, banyak ikan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein seperti ikan gabus ( Channa striata ).

Ikan Gabus yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Ikan ini mudah hidup di perairan yang belum tercemar oleh pestisida. 

Di alam, ikan gabus adalah ikan predator, pemangsa ikan kecil, serangga, anak katak ( berudu ), keong, cacing dan jenis hewan air lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan dan Jajanan Awal Tahun dari Merchant Baru ShopeePay

Baca Juga: Mengejutkan, Tak Hanya Pindah Negara, Arya Saloka Juga Ingin Punya Anak Lagi


Ikan ini menyebar luas dari Asia Selatan, Tiongkok bagian selatan hingga wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia sebelah barat. 

Di Indonesia, banyak nama lokal untuk ikan ini seperti bocek (Riau), aruan , haruan (Melayu), kocolan (Betawi), bogo (Sunda), bayong , bogo , licingan (Banyumas), kutuk (Jawa), kabos (Minahasa) .

 Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama seperti common snakehead , snakehead murrel , chevron snakehead , striped snakehead dan juga aruan.


Ikan gabus dewasa dapat berkembang hingga mencapai satu meter. Berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead ), dengan sisik-sisik besar di atas kepala.

Baca Juga: Sinopsis Radha Krishna Hari Ini Selasa 5 Januari di ANTV, Balram dan Krishna Memasuki Arena Gulat

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x