5 Tips Agar Tidak Mudah Mengantuk Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

- 30 April 2021, 23:23 WIB
5 Tips Agar Tidak Mudah Mengantuk Saat Berpuasa di Bulan  Ramadhan
5 Tips Agar Tidak Mudah Mengantuk Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan //Andrea Piacquadio/pexels.com

BAGIKAN BERITA-Salah satu masalah klasik dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah rasa mengantuk yang tidak tertahankan.

Salah satu penyebab mengantuk saat bulan puasa adalah karena adanya perubahan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh, yang menimbulkan efek serupa jet lag.

Perubahan jam biologis tubuh terjadi karena pola makan dan aktivitas yang dilakukan selama bulan Ramadan yang menyebabkan rasa mengantuk.

Baca Juga: Sekitar 400.000 Buruh Demo Besar-besaran Menuntut Sistem Kerja 8 Jam Sehari di Amerika Serikat, 1 Mei 1886

Menurut sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal Sleep of Research mengungkapkan bahwa adanya pengurangan jam tidur sebanyak 40 menit menyebabkan orang berpuasa jadi mengantuk di siang hari.

Umumnya, orang yang berpuasa akan merasakan kantuk pada jam 14.00 sampai 17.00. Ngantuk rawan menyerang pada jam tersebut karena kadar gula yang mulai menurun.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu 28 April 2021 berikut adalah berbagai cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang bisa diterapkan.

Baca Juga: Inilah 12 Ramalan Keberuntungan untuk Anda, Sabtu 1 Mei 2021, Akan Datang Untung Bagi Zodiak Ini

1. Hindari paparan cahaya sebelum tidur di malam hari
Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa adalah dengan menghindari paparan cahaya sebelum tidur di malam hari. Paparan cahaya dari smartphone bisa ganggu siklus tidur.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x