Mengagumkan, Lima Jenis Daun Ini Terbukti Efektif Menurunkan Kolesterol

- 27 Januari 2024, 13:17 WIB
Manfaat Daun Sirsak Manfaat Daun Sirsak /Pixabay/najibzamri/
Manfaat Daun Sirsak Manfaat Daun Sirsak /Pixabay/najibzamri/ /

BAGIKAN BERITA – Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sejumlah jenis daun tumbuhan memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat ini dapat diatribusikan kepada kandungan senyawa seperti katekin, allicin, hingga flavonoid yang terdapat dalam daun-daun tersebut.

Kandungan-kandungan tersebut telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Meskipun faktor genetik dapat mempengaruhi kadar kolesterol, seringkali peningkatan kadar kolesterol disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut adalah lima jenis daun yang diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol, sebagaimana dilansir dari laman Mayo Clinic pada Sabtu, 27 Januari 2024:

1. Daun Sirsak

Mengandung senyawa annonaceous acetogenins, daun sirsak memberikan manfaat untuk kesehatan jantung, termasuk mengurangi kadar kolesterol.

Baca Juga: Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana ARS University Melakukan Kunjungan ke Samsung Medical Center

2. Daun Bawang Putih

Dikenal secara tradisional sebagai penurun kolesterol, senyawa allicin dalam bawang putih diyakini dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Daun Salam

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x