Inilah 9 Resep Tradisional Kacang Hijau sebagai Penawar Penyakit, No 7 Paling Disukai Banyak Orang

- 25 Januari 2021, 10:11 WIB
Inilah 9 Resep Tradisional Kacang Hijau sebagai Penawar Penyakit, No 7 Paling Disukai Banyak Orang
Inilah 9 Resep Tradisional Kacang Hijau sebagai Penawar Penyakit, No 7 Paling Disukai Banyak Orang /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Kacang hijau atau dalam bahasa Latin disebut phaseolus radiatus linn dapat ditemui hampir di semua wilayah Indonesia.

Tumbuh di daerah yang beriklim tropis, kacang hijau memiliki banyak manfaat dengan kandungan protein nabati paling tinggi setelah kedelai dan kacang tanah.

Selain itu Kacang hijau ini dapat disajikan dengan cara direbus dan dimakan langsung atau dimasak hingga lunak untuk dijadikan bubur atau bisa dijadikan isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi.

Baca Juga: Shopee Hadirkan Gratis Ongkir Rp0 dan ShopeePay Deals Rp1 di Setiap Bulan di Shopee SMS!

Ada juga fungsi yang lain yaitu dapat dijadikan tepung yang biasa disebut sebagai tepung hunkwe. Tepung ini biasa digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue, es krim tradisional, dan mie soun.

Kacang hijau juga sangat mudah berkecambah. Kecambah ini biasa kita kenal sebagai tauge. kecambah kacang hijau mengandung banyak sekali enzim aktif, salah satunya adalah enzim amilase yang membantu metabolisme karbohidrat?

Selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hebatnya lagi, walaupun direbus lama (misal sampai hancur), kacang hijau tetap berkhasiat dan tidak terpengaruh panas.

Baca Juga: Hebat! Robert Lewandowski Striker Bayern Munchen Kembali Buat Rekor Baru di Liga Jerman

Berbeda dengan kacang-kacangan yang lain, sayur, buah, dan bahan ramuan tradisional lainnya yang bila direbus terlalu lama, akan menurunkan khasiat obatannya.

Menurut Ir I.G.A. Ari Agung M., dosen Program Studi Teknologi Pangan dan Gizi Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gr kacang hijau adalah 345 kalori, 22,2 gr protein, 1,2 gr lemak, dan sisanya berupa vitamin A serta B1, mineral fosfor, zat besi, juga mangan.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x