Inilah 10 Adab Makan dan Minum dalam Islam yang Dicontohkan Rasulullah SAW, Nomor 6 Banyak Orang Belum Tahu

- 28 Maret 2021, 05:00 WIB
ilustrasi, Inilah 10 Adab Makan dan Minum dalam Islam yang Dicontohkan Rasulullah SAW, Nomor 6 Banyak Orang Belum Tahu
ilustrasi, Inilah 10 Adab Makan dan Minum dalam Islam yang Dicontohkan Rasulullah SAW, Nomor 6 Banyak Orang Belum Tahu /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Islam memberikan tuntunan terkait aturan makan dan minum. Rasulullah SAW pun memberikan contoh adab makan dan minum yang benar.

Adab makan dan minum yang dicontohkan Rasulullah SAW mungkin belum sepenuhnya dilaksanakan dengan benar, dan hanya sebatas makan dengan tangan kanan dan didahului doa tanpa ada yang lainnya.

Padahal jika dipahami lebih dalam, adab makan dan minum dalam Islam sendiri sangatlah detail dan memiliki nilai baik dari segi kesehatan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Waduh! Bertepatan dengan Hari Angkatan Bersenjata, Junta Militer Myanmar Menembak Mati 50 Orang Pengunjuk Rasa

Bahkan dengan menjalankan adab makan dan minum dalam Islam bisa menjaga sebuah tali silaturahmi terhadap sesama muslim, mengingat adab makan dan minum dalam Islam ini sangat menjujung rasa menghargai sebuah hidangan.

Agar semakin jelas apa saja adab makan dan minum dalam Islam yang baiknya diikuti, maka berikut ini Bagikan Berita telah merangkum 10 adab makan dan minum dalam Islam berikut penjelasannya.

1. Menyediakan makanan dan minuman yang halal
Mengkonsumsi makanan yang halal merupakan perbuatan baik dengan mengkonsumsi makanan halal dan minuman halal juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan serta sebagai bentuk ungkapan rasa cinta kepada Allah SWT yang Maha Pencipta.

Baca Juga: Inilah Curhatan Menyentuh Anies Baswedan Ketika Putri Sulungnya Mutiara Annisa Sempat Terpapar Covid-19

Firman Allah : “Hai para rasul, makanlah yang baik-baik, dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mu`minun: 51).

2. Jangan berlebih-lebihan atau boros.
Sesungguhnya berlebih-lebihan adalah di antara sifat setan dan sangat dibenci Allah SWT Berlebih-lebihan juga merupakan ciri orang-orang kafir sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Seorang mukmin makan dengan satu lambung, sedangkan orang kafir makan dengan tujuh lambung.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x