11 Cara Mudah Agar Doa Kita Dikabulkan Allah SWT dan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

- 8 Agustus 2021, 21:30 WIB
11 Cara Mudah Agar Doa Kita Dikabulkan Allah SWT dan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW
11 Cara Mudah Agar Doa Kita Dikabulkan Allah SWT dan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW /pixabay/

BAGIKAN BERITA - Setiap muslim yang beriman diwajibkan untuk berdoa kepada Allah SWT, karena dengan doa manusia akan merasa dekat dengan penciptanya.Inilah 11 cara mudah agar Doa Kita Dikabulkan Allah SWT.

Untuk mewujudkan keinginanya, Doa merupakan salah satu yang tepat untuk meminta kepada Allah SWT.

Untuk meraih cita-cita atau keinginan tersebut, dibutuhkan usaha dan kerja keras yang sungguh-sungguh, tapi usaha saja tentu tidaklah cukup. Sebab, usaha akan sempurna jika dibarengi dengan Doa.

Baca Juga: Daftar Link Online Banpres BPUM Tahap 3 Agustus 2021 Sudah Dibuka, Lengkapi Syarat dan Akses Melalui Handphone

Perlu diketahui, bahwa berdoa juga merupakan salah satu perintah Allah kepada hamba-Nya. Agar Doa didengar serta dikabulkan, hendaknya memahami tata cara atau adab dalam berdoa maupun berzikir, berikut penjelasanya.

1. Tidak Berdoa kecuali kepada Allah SWT.
Rasulullah SAW mengatakan kepada Ibnu Abbas, “Jika engkau meminta, maka memintalah kepada Allah. Kalau engkau meminta bantuan, mintalah bantuan kepada Allah.” (HR. Tirmizi).
Syarat ini termasuk syarat doa yang paling agung. Tanpanya tidak akan diterima doa dan tidak akan diangkat amalannya. Diantara manusia ada yang berdoa kepada mayit dan menjadikannya sebagai perantara antara mereka dengan Allah.

2. Hindari Makanan dan Harta Haram.
Makanan yang haram menjadi sebab tertolaknya doa maka jauhilah mekanan-makanan yang dihasilkan dari perbuatan yang tidak dibenarkan dalam agama Islam.
3. Ketahui Waktu yang Mustajab untuk Berdoa.

Baca Juga: Sikap Ayah Rozak Berubah 180 Derajat, Kini Malah Bungkam Tak Mau Tanggapi Petisi Boikot Ayu Ting Ting dari TV

Adapun waktu yang mustajab untuk berdo'a adalah hari Arafah,bulan Ramadhan, hari Jumat terutama pada waktu duduk antara khutbah dua, ketika perang, turun hujan, ketika sujud, antara adzan dan iqamah, ketika menjelang berbuka puasa. waktu sahur dan sepertiga malam terakhir.

4. Menghadap Kiblat sambil Mengangkat Tangan.
Sebagai mana hadits dari Jabir radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW ketika berada di Padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam. (HR. Muslim).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x