Hari Jumat Termasuk 10 Waktu yang Tepat Untuk Berdoa, Diyakini akan Dikabulkan Allah SWT, Ini Penjelasannya

- 10 Desember 2021, 06:36 WIB
Ilustrasi, Seorang muslim sedang berdoa
Ilustrasi, Seorang muslim sedang berdoa /Wallpaperaccess/

BAGIKAN BERITA - 10 waktu yang tepat untuk berdoa dan Diyakini akan dikabulkan Allah SWT dan sesuai sunnah Rasulullah SAW, salah satunya hari Jumat. Ini penjelasannya.

Manusia adalah makhluk yang tidak memiliki kekuatan dan sesuatu apapun jika Allah SWT tidak memberikannya,kita sangat bergantung pada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang patut disembah, oleh karena itu kita wajib berdoa agar diberi perlindungan.

Selain berdoa, kita juga harus ikhtiar (berusaha) untuk mewujudkan keinginan tersebut. Doa dan usaha harus seimbang agar keinginan kita lekas terkabul.

Baca Juga: Tak Jadi Tahanan Kota, Mark Sungkar Harus Dipenjara di Lapas dan Hukuman Diperberat jadi 2,5 Tahun

Jika hanya berdoa tanpa usaha, itu akan sia-sia, dan jika hanya berusaha tanpa berdoa, itu berarti sombong. Perlu diketahui, bahwa berdoa merupakan salah satu perintah Allah kepada hamba-Nya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tidak (pernah) berdoa kepada Allah, maka Allah murka kepadanya.” (H.R. Muslim). Itulah mengapa kita dianjurkan untuk memperbanyak doa.

Diantara usaha yang bisa kita upayakan agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT adalah dengan memanfaatkan waktu-waktu tertentu yang dijanjikan oleh Allah bahwa doa ketika waktu-waktu tersebut dikabulkan.

Baca Juga: Bendera Indonesia Dilarang Berkibar di Piala AFF 2020, HNW Minta Kemenpora Atasi Masalah tersebut: Tidak Rela!

Rasulullah SAW pernah menyebutkan beberapa waktu ideal untuk memanjatkan doa yang perlu kita ikuti, diantaranya sebagai berikut.

1. Di hari Jum’at
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x