Kolaborasi Alfamart dan Bank Sampah Nuri Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

- 1 Juni 2024, 15:30 WIB
Program kolaborasi Alfamart bersama Bank Sampah Nuri 03 di RW 03 Kel.Padasuka, Kec.Mandalajati Kota Bandung.
Program kolaborasi Alfamart bersama Bank Sampah Nuri 03 di RW 03 Kel.Padasuka, Kec.Mandalajati Kota Bandung. /

BAGIKAN BERITA -- Sudah bukan rahasia lagi jika sampah memiliki nilai rupiah jika dikelola dengan baik. Salah satu aktivitas yang dapat membuat sampah bernilai adalah dengan menabung di Bank Sampah.

Bank Sampah Nuri 03 merupakan salah satu bank sampah unit yang aktif mengajak warga untuk memilah sampah dan menabung. 

Menurut Heni, Ketua Bank Sampah Nuri 03, hingga tahun 2024 tercatat sebanyak 110 warga telah bergabung dengan bank sampah yang berlokasi di RW 03 Kel.Padasuka, Kec.Mandalajati Kota Bandung.  

“Awalnya kami mengajak warga memilah sampah, lalu sampah disetorkan dapat dijadikan saldo tabungan yang bernilai rupiah. Kami melayani warga penyetoran sampah setiap hari Selasa,” jelas Heni. 

Tabungan sampah yang rutin disetorkan ternyata dapat memberikan banyak manfaat bagi nasabahnya. 

Baca Juga: Daftar Kode Promo Gojek dan Grab, Sabtu 1 Juni 2024, Hemat Rp60 Ribu Kulineran di Awal Bulan

“Tabungan sampah ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi para nasabah, diantaranya bisa menambah biaya kebutuhan harian, menambah biaya sekolah atau untuk kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,” tambahnya. 

Pada Agustus 2023 Bank Sampah Nuri 03 terpilih menjadi salah satu komunitas penggiat lingkungan hidup yang menjadi mitra Program Kampung Alfamart Sahabat Bumi yang merupakan program kepedulian lingkungan hidup minimarket Alfamart. 

Heni mengatakan dengan dukungan Alfamart, Bank Sampah Nuri 03 dapat melaksanakan pelatihan pemberdayaan masyarakat, diantaranya pelatihan penanaman tanaman produktif di lahan sempit dan pelatihan pengolahan kantong plastik. 

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah