Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah sebelum Idul Adha, Lengkap Arab, Latin dan Keutamaannya

- 15 Juni 2024, 20:49 WIB
Keutamaan Puasa Arafah dan waktu pelaksanaanya.
Keutamaan Puasa Arafah dan waktu pelaksanaanya. //freepik.com

BAGIKAN BERITA – Umat muslim di seluruh dunia saat ini menghadapi Hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada Senin 17 Juni 2024. Sebelum melaksanakan Hari Raya Idul Adha, umat muslim melaksanakan puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah terlebih dahulu.

Di mana, jika dikerjakan dengan ikhlas, maka akan menghapuskan doa selama dua tahun. Puasa Hari Arafah dilaksanakan sehari sebelum tanggal 10 Dzulhijjah. Jika Idul Adha jatuh pada Senin 17 Juni 2024, maka Hari Arafah jatuh pada besok Minggu 16 Juni 2024.

Melansir NU Online, Puasa Tarwiyah dan Arafah memiliki keutamaan yang sangat besar bagi yang melaksanakannya. Ustadz Sunnatullah, Pengajar di Pondok Pesantren Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop Bangkalan, Jawa Timur dalam tulisannya di NU Online menerangkan keutamaan dua puasa tersebut. Yaitu, Allah swt akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah saw, yang artinya, “Puasa hari Tarwiyah bisa menghapus dosa setahun. Sedangkan puasa hari Arafah bisa menghapus dosa dua tahun.” (HR Ibnu Abbas dan Ibnun Najjar dalam Jam’ul Jawami’)

“Dua puasa ini sangat dianjurkan dalam Islam, karena Rasulullah selalu melakukannya dan memiliki faedah sangat besar," tulis Ustadz Sunnatullah, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Minggu 16 Juni 2024: Saleha, Bidadari Surgamu, Naik Ranjang, Di Antara Dua Cinta, FTV Prime

Dengan merujuk keterangan Syekh Abdurrauf al-Munawi dalam kitab Faidul Qadir Syarh Jami’is Shagir, Ustadz Sunnatullah lebih jauh menjelaskan bahwa yang dimaksud dapat menghapus dosa selama dua tahun dalam puasa Arafah adalah menghapus dosa setahun yang berlalu dan setahun yang akan datang.

Keterangan ini didasarkan pada satu hadits Rasulullah saw, yang artinya, "Puasa Arafah (9 Dzulhijah) bisa menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR Muslim dalam Shahih Muslim).

Menurut mayoritas ulama, dosa-dosa yang dihapus sebab puasa Arafah adalah dosa kecil. Demikian ini sebagaimana dijelaskan Imam An-Nawawi dalam Syarah Muslim, dikutip Ustadz Muhamad Abror dalam tulisannya di NU Online.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah