Tragedi Munich 6 Februari 1958, Sebanyak 9 Pemain Manchester United Meninggal Dunia

- 6 Februari 2021, 11:36 WIB
Tragedi Munich pada 6 Februari 1958 hingga menewaskan 9 pemain Manchester United*/
Tragedi Munich pada 6 Februari 1958 hingga menewaskan 9 pemain Manchester United*/ /Tangkap Layar YouTube Manchester United/

BAGIKAN BERITA - Hari itu 6 Februari akan selamanya dilingkari di kalender setiap orang yang berhubungan dengan Manchester United.

Kala itu di tahun 1958, hari tergelap bagi sejarah United, 23 orang  termasuk delapan pemain dan tiga anggota staf klub mengalami cedera fatal dalam kecelakaan udara di Munich.

Dikutip dari laman resmi Manutd.com, Sabtu, 6 Februari 2021. Terbang kembali dari pertandingan Piala Eropa melawan Red Star Belgrade, pesawat tim berhenti di Jerman untuk mengisi bahan bakar. Dua upaya pertama lepas landas dari bandara Munich dibatalkan; setelah upaya ketiga, pesawat itu jatuh.

Baca Juga: Tragedi Muenchen 1958 di Jerman, Kecelakaan Pesawat Tewaskan 8 Pemain Manchester United dan 15 Penumpang

Dua puluh satu penumpang tewas seketika. Kapten pesawat Kenneth Rayment meninggal beberapa minggu kemudian karena cedera yang dideritanya sementara Duncan Edwards - salah satu dari delapan korban dari tim - meninggal 15 hari setelah kecelakaan itu. 

Tragedi itu adalah bagian tak terhapuskan dari sejarah United, seperti halnya Sir Matt Busby mengatasi cederanya untuk membangun tim hebat lain yang memenangkan Piala Eropa 10 tahun kemudian.

Roger Byrne (28), Eddie Colman (21), Mark Jones (24), David Pegg (22), Tommy Taylor (26), Geoff Bent (25), Liam Whelan (22) dan Duncan Edwards (21) semuanya meninggal, bersama dengan sekretaris klub Walter Crickmer, pelatih Tom Curry dan pelatih Bert Whalley.

Baca Juga: 5 Selebriti Dunia yang Selamat Tragedi WTC 11 September 2001, Michael Jackson Sarah Ferguson

Delapan jurnalis tewas - Alf Clarke, Tom Jackson, Don Davies, George Fellows, Archie Ledbrook, Eric Thompson, Henry Rose, dan Frank Swift yang merupakan mantan pemain Manchester City. Kapten pesawat Ken Rayment tewas, begitu pula teman Sir Matt Willie Satinoff. Agen perjalanan Bela Miklos dan awak Tom Cable juga tewas.

Halaman:

Editor: Yusuf Ariyanto

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x