Imbas Kegaduhan di Myanmar, Sekitar 400 Warganya Termasuk Polisi dan Petugas Damkar Mengungsi ke India

- 16 Maret 2021, 19:49 WIB
Ilustrasi kerusuhan*/
Ilustrasi kerusuhan*/ /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Kerusuhan di negara Myanmar memaksa sebagian warganya mengungsi ke negara India, sekitar 400 orang lebih mereka sebrangi ke negara tetangga yang terkenal dengan film Bollywoodnya ini.

Sejak akhir bulan Februari warga Myanmar telah sebrangi negara India untuk menghindari konflik yang sedang terjadi di negaranya saat ini.

Kepolisian India mengungkapkan bahwa alasan mereka pergi dari negaranya Myanmar yaitu untuk menghindari dan merasa takut dianiaya seusai menolak dari perintah junta militer untuk menembak para pengunjuk rasa.

Baca Juga: Ingin Bersilaturahmi, Joe Biden Dicuekin Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un: Teleponnya Tidak Pernah Diangkat

"Sekitar 116 orang menyeberang pada hari Jumat," ujar petugas polisi di negara bagian Mizoram, India, dikutip Bagikanberita.com dari Reuters.com.

Para pengungsi Myanmar yang sebagian terrmasuk polisi dan petugas Damkar, mereka pergi hanya membawa sedikit pakaian dimasukan ke karung plastik saat lintasi perbatasan kedua negara.

Disisi lain sebenarnya pemerintahan federal India sudah perintahkan kepada pihak berwenang setempat untuk menyetop arus masuk ke negaranya, akan tetapi medan pegunungan yang sulit tak mudah untuk berpatroli.

Baca Juga: Makin Memanas, Pangkalan Udara Militer Amerika Serikat di Baghdad Irak Kembali Diserang Tujuh Rudal

Terlebih lagi ada hubungan yang baik antara etnis dan budaya diantara warga kedua perbatasan negara India dan Myanmar.

Halaman:

Editor: Yusuf Ariyanto

Sumber: Routers


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x