Napak Tilas Cikal Bakal Berdirinya FPI di Indonesia

- 30 Desember 2020, 13:48 WIB
Massa FPI saat melakukan aksi demonstrasi*/Istimewa
Massa FPI saat melakukan aksi demonstrasi*/Istimewa /

BAGIKAN BERITA - Organisasi Front Pembela Islam atau lebih populer dengan sebutan FPI adalah salah satu organisasi massa Islam yang ada di Indonesia. 

Ormas ini telah banyak menjadi pemberitaan di media massa dengan kostum mereka yang identik dengan warna putih dan menjadi sumber pembicaraan yang kerap menghiasi trending topic di media sosial juga. 

Aksi 4 November 2016 yang dikenal dengan aksi 411 dan juga demonstrasi pada 2 Desember 2016 yang dikenal dengan aksi 212 itulah yang menjadikan kekuatan ormas ini untuk menggerakkan ratusan ribu orang mulai diperhitungkan dan diketahui khalayak banyak.

Baca Juga: Staf Kedubes Jerman yang Kunjungi Markas FPI Berujung Minta Maaf dan Penyesalan

FPI terbentuk sebagai bagian dari sejarah organisasi Islam di Indonesia. Tahun 1998 tidak hanya menjadi tonggak sejarah reformasi tetapi juga menjadi tonggak dari banyaknya organisasi masyarakat dan partai yang didirikan pada saat itu, termasuk FPI yang berdiri pada 17 Agustus 1998. 

Situasi saat itu yang dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang berupaya merusak stabilitas negara yang sedang rapuh membuat banyak ulama, habib dan kyai terdorong untuk mendirikan organisasi yang berprinsip ‘amar ma’ruf nahi munkar’.

FPI kemudian dideklarasikan oleh Habib Rizieq Shihab, Habib Idrus Jamallulail, Kyai Misbach dan beberapa ulama lainnya di Pondok Pesantren Al – Umm, Kampung Utan, Ciputat, tepatnya kediaman KH. Misbachul Anam yang menjadi Sekjen FPI pertama disaksikan oleh ratusan santri yang berasal dari Jabotabek.***

Editor: Yusuf Ariyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x