Cek Fakta: Peluncuran Uang Pecahan Kertas Bergambar Presiden Jokowi? Ternyata Hoaks

- 12 Juli 2022, 18:30 WIB
Ilustrasi uang seratus ribu rupiah
Ilustrasi uang seratus ribu rupiah /Ahmad Taofik / Bagikanberita.com

BAGIKAN BERITA - Sedang viral di aplikasi video pendek TikTok yang mengabarkan terkait peluncuran uang kertas baru Pecahan Rp100 ribu dengan gambar presiden Jokowi.

Dalam video Tiktok yang berdurasi 9 detk tersebut menggambarkan uang kertas baru Pecahan Rp100 ribu rupiah  tersebut berwarna merah dan dinarasikan terdapat foto presiden Jokowi.

Selain itu dalam peluncuran  uang kertas baru Pecahan Rp100 ribu rupiah dengan foto Presiden Jokowi tersebut akan dilakukan oleh Bank Negara Indonesia (BNI).

Baca Juga: Disiapkan untuk Dosis Keempat, Ini Tantangan Vaksin Merah Putih yang Ditargetkan Produksi Akhir 2022

Baru satu hari diunggah Video Tiktok yang mengabarkan uang baru pecahan kertas seratus ribu rupiah tersebut sudah  disukai 43.800 pengguna TikTok hingga dan sudah dibanjiri 8.361 komentar.

"Mata Uang Terbaru Bergambar Presiden Jokowi Rencana akan di keluarkan BNI Baru-Baru ini Penggati uang Pecahan Uang seratus ribu rupiah," demikian isi narasi yang tersemat di video TikTok tersebut.

Benarkah  video Tiktok  peluncuran uang pecahan seratus ribu rupiah bergambar Jokowi tersebut? Atau hanya hoax demi konten.

Baca Juga: Terungkap, Ini Alasan Bharada E Tembak Brigadir J di Rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo

Berikut penjelasan yang dilansir dari Antara:
Video yang dibagikan  pengguna TikTok sejak 21 Juni 2022 ternyata adalah  informasi bohong, karena tidak sesuai aturan yang berlaku di RI.

Faktanya, pengeluaran uang Rupiah baru adalah kewenangan Bank Indonesia (BI), bukan BNI.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x