Saat Masa Pandemi Covid -19, Minat Kuliah di Kampus Ini Malah Tinggi

- 21 Agustus 2020, 11:40 WIB
Ilustrasi Kampus.*
Ilustrasi Kampus.* /PIXABAY.COM/

 BAGIKAN BERITA -Walaupun dalam kondisi Covid-19, keinginan masyarakat untuk menuntut ilmu masih tetap tinggi.

Hal tersebut dilihat dengan jumlah mahasiswa yang diterima tertinggi dibandingkan dengan jumlah penerimaan sebelumnya.

Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) saat ini menerima 616 mahasiswa baru program pascasarjana. Dari jumlah itu, 7 diantaranya merupakan mahasiswa internasional dari Korea, Perancis, China, Jepang, Madagascar, Laos, dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari ini Jumat 21 Agustus 2020, Saksikan Amanah Wali S4 Malam Ini

Menurut Dekan SBM ITB, Prof Utomo Sarjono Putro, tingginya minat membuat persaingan untuk lolos masuk terbilang ketat. Seperti program studi Doctor Science of Management (DSM) dengan rasio persaingan 01:04 atau tingkat keketatan 23 persen. Sedangkan tingkat keketatan MBA berkisar di 48-49 persen.

Keketatan di sini dalam arti persentase jumlah peserta diterima berbanding jumlah peserta pendaftar. Semakin besar persentase berarti daya saing rendah, semakin kecil persentase berarti daya saing tinggi.

Untuk meningkatkan kualitas, pihaknya terus berbenah. Semua program studi sudah mendapatkan akreditasi dari ABEST21 sejak 2012. Akreditasi ABEST21 ini berpusat di Jepang.

Baca Juga: Jadwal Acara Net TV Hari Ini Jumat 21 Agustus 2020, Nanti Malam Ada Padi Reborn Sang Penghibur

Selain itu, pihaknya tengah mempersiapkan diri mendapatkan akreditasi dari Association to advance collegiate school of Business (AACSB) International yang berpusat di Amerika Serikat.

Dengan akreditasi AACSB, diharapkan lebih mudah menjalin kerja sama internasional dengan berbagai universitas di dunia. Mahasiswa juga lebih mudah melanjutkan sekolah di luar negeri dan mendapatkan akses penerimaan yang lebih luas.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x