Dampak Letusan Gunung Marapi, 14 Kecamatan di Kabupaten Agam Terkena Hujan Abu Vulkanik

- 4 Desember 2023, 15:30 WIB
Tim SAR melakukan evakuasi terhadap korban erupsi Gunung Marapi yang mengalami luka bakar di jalur pendakian proklamator, Nagari Batu Palano, Agam, Sumatera Barat, Senin 4 Desember 2023 dini hari.
Tim SAR melakukan evakuasi terhadap korban erupsi Gunung Marapi yang mengalami luka bakar di jalur pendakian proklamator, Nagari Batu Palano, Agam, Sumatera Barat, Senin 4 Desember 2023 dini hari. /Antara Foto/

BAGIKAN BERITA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatra Barat merilis daerah sekitar Gunung Marapi Singalang yang terdampak hujan abu vulkanik.

Pada Minggu 3 Desember 2023, Gunung Merapi Singalang Kabupaten Agam Sumatera Barat meletus dengan mengeluarkan abu vilkanik dan lumpur.

Akibat letusan Gunung Merapi, sedikitnya ada 14 dari 16 di Kabupaten Agam Sumatera Barat yang terdampak terkena hujan Abu Vulkanik.

“Ini data yang kita peroleh dari masing-masing camat,” kata Sekretaris BPBD Agam Olkawendri di Lubuk Basung dikutip dari Antara News.

Ia mengatakan, ke 14 kecamatan yang terdampak hujan abu dan batu sebanyak empat kecamatan yakni, Kecamatan Canduang, Sungai Pua, Ampek Angkek dan Malalak.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Persib Rekrut Stefano Beltrame untuk Menggantikan Levy Madinda di Liga 1

Sedangkan kecamatan yang terdampak hujan abu sebanyak 10 kecamatan yakni, Kecamatan Banuhampu, Tilatang Kamang, Baso, Tanjung Raya, Lubuk Basung, Ampek Koto, Matur, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Kamang Magek.

“Kecamatan Palupuh dan Ampek Nagari tidak terdampak erupsi Gunung Marapi,” katanya. Ia menambahkan, warga di empat kecamatan terdekat dengan Gunung Marapi masih bertahan di rumah mereka usai gunung tersebut erupsi.

Namun mereka disarankan tidak ke luar rumah dan memakai masker, agar terhindar dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah