CEK FAKTA: Benarkah Indonesia Dicoret dari AFC U23 karena PSSI Suap Wasit?

- 10 Mei 2024, 08:19 WIB
Timnas Indonesia U23 mengikuti AFC U23 atau Piala Asia
Timnas Indonesia U23 mengikuti AFC U23 atau Piala Asia / / X @IDS//

BAGIKAN BERITA – Sebuah video yang beredar di platform TikTok mengklaim bahwa Indonesia berpotensi untuk dicoret dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) karena adanya indikasi bahwa mantan wasit Liga 1, John Evans, menerima suap dari PSSI.

Video tersebut menampilkan cuplikan pertandingan Piala Asia U23 antara Indonesia dan Korea Selatan yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi Vietnam.

Dalam narasi video tersebut, disampaikan bahwa mantan wasit Liga 1, John Evans, diduga menerima suap dari PSSI, dan akibatnya Indonesia berpotensi untuk dikeluarkan dari kompetisi AFC U23 di masa mendatang.

tangkap layar video TikTok yang menyebutkan Timnas Indonesia dicoret dari AFC U23.
tangkap layar video TikTok yang menyebutkan Timnas Indonesia dicoret dari AFC U23. TikTok

Namun, klaim bahwa Indonesia akan dicoret dari AFC U23 karena indikasi suap wasit adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut sebenarnya membahas tentang kemenangan Indonesia dalam pertandingan melawan Korea Selatan, bukan tentang dugaan suap wasit.

Baca Juga: Hasil Akhir Pertandingan Timnas Indonesia U23 VS Guinea di Play-off, Garuda Muda Lolos Olimpiade 2024 Paris?

Penelusuran lebih lanjut menunjukkan bahwa video tersebut mirip dengan unggahan dari VTV Th Thao yang berjudul “Bagaimana Indonesia U23 terselamatkan dalam adu penalti melawan Korea U23?” yang diunggah pada tanggal 26 April lalu.

Video tersebut menggambarkan bagaimana Indonesia U23 berhasil melaju ke babak semifinal setelah menang dalam adu penalti, di mana wasit memutuskan untuk mengulangi tendangan penalti yang sebelumnya gagal.

Jadi, klaim bahwa Indonesia akan dicoret dari AFC U23 karena dugaan suap wasit adalah tidak benar. Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal dengan penampilan yang mengesankan, dan tidak ada tindakan penalti yang diperdebatkan dalam pertandingan tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah