Tips Memilih Ban Untuk Kendaraan Niaga Saat Pandemi

- 30 November 2020, 16:12 WIB
Tips Memilih Ban Untuk Kendaraan Niaga Saat Pandemi
Tips Memilih Ban Untuk Kendaraan Niaga Saat Pandemi /Dok. Hankook tyre/

 BAGIKAN BERITA-Sejak pandemi, kendaraan niaga semakin diandalkan seiring kebutuhan ekspedisi dan logistik yang meningkat. Pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat serta alat kesehatan yang didistribusikan antar wilayah juga kian mengandalkan kendaraan niaga.


Meskipun demikian, menurut data GAIKINDO, kendaraan niaga berdaya angkut besar seperti truk dan bis nyatanya mengalami penurunan penjualan sepanjang tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu.


Berikut dua tips dasar dalam memilih ban untuk kendaraan niaga, yaitu:

Baca Juga: Update Terkini Covid-19 di Indonesia Hari Ini Senin, 30 November 2020, DKI Jakarta Tembus 135 Ribu


Pertama, pengendara perlu memahami jarak tempuh yang akan dilalui kendaraan, apakah jarak jauh, jarak menengah, atau jarak dalam kota.

Kemudian pertimbangkan kondisi jalan, apakah off road, jalan perkotaan (on-road) atau kombinasi antara on dan off road. Hal ini akan menentukan spesifikasi ban yang diperlukan agar mampu menunjang kendaraan niaga dengan optimal.

Bagi kendaraan yang beroperasional di jalan aspalt (on-road) dapat menggunakan tipe kembang ban halus, sedangkan untuk kondisi jalan kombinasi, dapat menggunakan tipe kembang mixed, dan untuk off-road dapat menggunakan tipe kembang ban off atau kasar. 

Baca Juga: 'Menguras Air Mata', Andin dan Reyna Menangis, Aldebaran Merasa Bersalah, di Ikatan Cinta RCTI

Untuk mempermudah dalam menentukan pemilihan ban, Hankook memberikan kode-kode pada produk TBR-nya (Truck and Bus Radial), antara lain yaitu kode H untuk penggunaan regional atau on-road, kode M untuk penggunaan kombinasi atau mixed services.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x