Begini Cara Membersihkan Hand Grip Sepeda Motor, Ini Bahayanya Kalau Tidak Dibersihkan

- 20 Desember 2022, 20:41 WIB
Tips membersihkan hand grip motor
Tips membersihkan hand grip motor /Honda/

BAGIKAN BERITA- Perawatan sepeda motor bukan cuma ganti oli saja tapi bagian lain sepeda motor juga tak kalah pentingnya mendapat perhatian, salah satunya adalah hand grip sepeda motor.

Sering kali terdapat kerak dan jamur di bagian hand grip, karena bahan yang digunakan adalah karet sehingga kotoran mudah menempel dan menumpuk dibagian yang sering terkena tangan. Tak hanya itu penyebabnya bisa karena cuaca atau juga karena sepeda motor jarang digunakan dan disimpan di tempat yang kotor dan lembab.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, Hand Grip yang berjamur dan berkerak tentu saja bisa menjadi sarang kuman, dan bisa berpotensi menjadi salah satu penyebab penyakit, karena hand grip sepeda motor adalah bagian yang sering bersentuhan dengan telapak tangan kita ketika dipakai berkendara.

Baca Juga: Waduh! Kawasaki Tarik Lagi Ninja H2, Ternyata Ini Alasannya

Maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan sarung tangan ketika berkendara, selain menjaga supaya tangan tetap bersih juga lebih aman dari gesekan dan cuaca.

Apabila hand grip sepeda motor sudah kotor, bahkan beberapa diantaranya sampai berkerak dan berjamur, namun jika masih dalam kondisi baik dan berfungsi terutama dibagian kanan untuk menarik gas atau throttle solusinya cukup dibersihkan saja.

Berbeda dengan bagian body motor yang terbuat dari plastik, atau bagian lainnya yang dari part logam, membersihkan hand grip yang terbuat dari karet tentu cukup mudah.

Baca Juga: Hadir Dengan Warna Baru, Inilah Harga Terbaru New Honda PCX160

Pertama kita cuci terlebih dahulu, kemudian membersihkannya disarankan memakai cairan khusus atau cairan pencuci piring yang dapat digunakan untuk membersihkan karet.

Kemudian teteskan cairan pembersih tersebut kebagian yang kotor dan bersihkan menggunakan sikat terutama jika bagian bawah yang sering kali berkerak.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x