Kamu Wajib Tahu! Jalan Kaki 8.200 Langkah Bisa Kurangi Resiko Penyakit Kronis, Salah Satunya Penyakit Jantung

- 22 Desember 2023, 20:19 WIB
Ilustrasi jalan kaki. Jalan kaki punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Ilustrasi jalan kaki. Jalan kaki punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. /Freepik-Freepik/

BAGIKAN BERITA- Sejumlah penelitian baru-baru ini menyoroti dampak positif jalan kaki dalam pencegahan penyakit kronis dan peningkatan kesehatan secara menyeluruh. 

Aktivitas ini terhubung dengan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular. 

Meskipun tren 10.000 langkah sehari populer, penelitian menunjukkan bahwa berjalan lebih sedikit, seperti 8.200 langkah, juga bermanfaat mengurangi efek penyakit kronis seperti obesitas, sleep apnea, GERD, depresi mayor, diabetes, dan tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Liburan Tetap Ceria: 5 Tips Kesehatan dan Kebahagiaan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Meski "lebih tinggi lebih baik" untuk sebagian besar kondisi, penelitian menyoroti peningkatan sekitar 8–9.000 langkah per hari untuk diabetes dan tekanan darah tinggi. 

Namun, manfaat jalan kaki juga terlihat pada aktivitas di luar batas tersebut.

Studi terbaru dalam British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa jalan kaki setidaknya 4,5 km per jam dapat efektif mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes.

Baca Juga: Rayakan Momen Natal dan Tahun Baru dengan Seru dan Menarik di de Braga By Artotel Bandung

 Konsistensi dalam aktivitas fisik dan menghindari rutinitas sporadis disarankan, dengan perhatian khusus terhadap rasa sakit yang berkelanjutan selama atau setelah berjalan.

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x