7 Manfaat Luar Biasa dari Buah Nanas, Nomor 6 Dapat Menyehatkan Mata lho!

- 4 Februari 2021, 09:24 WIB
Ilustrasi manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh manusia*/
Ilustrasi manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh manusia*/ /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Buah nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae).

Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.

Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik".

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Lemon Bagi Kesehatan yang Berkhasiat bagi Tubuh, No 4 Penting Bagi yang Ingin Diet

Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemu menjadi satu 'buah' besar.

Di Indonesia Provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Jamblang yang Sangat Berkhasiat Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 6 Paling Penting

Dikutip Bagikanberita.com dari kanal YouTube Kunci Sehat, berikut di bawah ini 7 manfaat dari buah nanas yang harus kamu ketahui:

Halaman:

Editor: Yusuf Ariyanto

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x