Kabar Baik bagi UMKM, Pinjaman Modal Usaha Rp100 Juta Tanpa Jaminan Sudah Diinstruksikan Presiden Jokowi

- 20 April 2021, 15:46 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rapat terbatas Kementerian terkait bersama Presiden Joko Widodo. Pemerintah kini meningkatkan plafon KUR menjadi Rp100 juta.
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rapat terbatas Kementerian terkait bersama Presiden Joko Widodo. Pemerintah kini meningkatkan plafon KUR menjadi Rp100 juta. /Tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden

BAGIKAN BERITA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto untuk meningkatkan plafon pinjaman bagi para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM). 

Dalam rapat terbatas Kementerian Perekonomian dan Kementerian Koperasi dan UMKM, 5 April 2021, presiden mengarah agar plafon KUR ditingkatkan dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta. 

Dalam pelaksanaan, pemerintah melalui tiga bank yakni BRI, Mandiri dan BNI bisa menyalurkan KUR hingga Rp100 juta tanpa jaminan. 

Baca Juga: Hadapi Persija Jakarta di Final Piala Menpora 2021, Pelatih Persib Bandung Robert Rene Albert Bilang Begini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penambahan plafon ini karena Presiden Jokowi menginginkan UMKM mampu mencapai level lebih dari 30 persen tahun 2024.

Adapun saat ini, porsi pembiayaan UMKM berada di level 18 persen - 20 persen.

"Arahan Presiden terkait KUR tanpa jaminan yang selama ini angkanya di bawah Rp 50 juta, ini untuk ditingkatkan plafonnya menjadi Rp 100 juta. Jadi sekali lagi yang tanpa jaminan dinaikan dari Rp 50 juta jadi Rp 100 juta," ucap Erlangga dikutip BAGIKAN BERITA dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin 5 April 2021.

Baca Juga: KSP Moeldoko Buka Suara terkait Reshuffle Kabinet, La Nyalla Usul Presiden Pilih Menteri yang Mempersatukan

Dia menambahkan, Jokowi memberikan tantangan lebih besar agar ada lompatan dalam ekonomi.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x