Inilah 9 Tips Sederhana Agar Ibadah Kita di Bulan Ramadhan Tetap Terbawa di Bulan Berikutnya

- 13 Mei 2021, 13:00 WIB
Inilah 9 Tips Sederhana Agar Ibadah Kita di Bulan Ramadhan Tetap Terbawa di Bulan Berikutnya
Inilah 9 Tips Sederhana Agar Ibadah Kita di Bulan Ramadhan Tetap Terbawa di Bulan Berikutnya /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Menarik untuk dicermati, fenomena berlomba memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan yang di lakukan oleh umat Islam, bukan hanya di dalam tapi juga di luar negri. Jika dibandingkan, grafik ibadah kaum muslim mengalami kenaikan saat Ramadhan.

Hal ini terjadi terjadi tidak lain karena Ramadhan menjanjikan kemenangan bagi setiap orang yang beriman. Setiap orang beriman yang taat beribadah di bulan yang penuh keberkatan ini akan diberikan banyak pahala yang melebihi pahala ibadah di bulan-bulan lainnya.

Namun demikian, apakah bara semangat beribadah tersebut akan juga tetap menyala di sebelas bulan lain selain Ramadhan? Ternyata jawabannya adalah tidak.

Baca Juga: Makin Membara! Israel Meradang Roket Hamas Berhasil Tewaskan 2 Wanita dan Lukai 70 orang lainnya

Kobar semangat itu memudar, kalau tidak bisa dibilang padam sama sekali, setelah Ramadhan usai.

Pada satu atau dua bulan pertama seusai Ramadhan, mungkin kobar semangat beribadah tersebut masih menyala. Tapi apakah bara tersebut tetap berkobar di bulan ketiga atau kelima pascar Ramadhan, tidak seorang muslim pun dapat menjamin hal itu.

Nah, untuk meramadhankan sebelas bulan di luar Ramadhan, ikutilah 9 Tips Sederhana berikut yang diharapkan dapat membantu kita dalam mewujudkan nuansa Ramadhan sepanjang tahun.

Baca Juga: Catat, Malam Takbiran Jalanan Kota Bandung hingga Gerbang Tol Ditutup, Ini Lokasinya

1. Muhasabah
Lakukanlah evaluasi secara total dan kritis terhadap ibadah yang telah kita laksanakan di bulan Ramadhan.

Bila kita telah melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap ibadah shaum dan amaliah ramadhan lainnya yang kemudian diikuti dengan usaha perbaikan atas segala kekurangannya, maka selanjutnya semua kita serahkan kepada Allah Swt. Biarlah Allah Swt yang menilai segala upaya maksimal kita dalam beramal dan/muhasabah (evaluasi).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x