5 Ciri Kiamat Qubra yang Perlu Diketahui Sebagai Pengingat Kita Untuk Tetap Beriman Kepada Allah SWT

- 18 Juni 2021, 09:05 WIB
5 Ciri Kiamat Qubra yang Perlu Diketahui Sebagai Pengingat Kita Untuk Tetap Beriman Kepada Allah SWT
5 Ciri Kiamat Qubra yang Perlu Diketahui Sebagai Pengingat Kita Untuk Tetap Beriman Kepada Allah SWT /pixabay/

BAGIKAN BERITA - Sebagai seorang muslim kita wajib mengimani bahwa hari Kiamat Qubra itu pasti akan datang dan termasuk dalam rukun iman yang kelima.

Kiamat Qubra secara istilah dapat diartikan sebagai kehancuran alam semesta dan segala kehidupan di muka bumi ini, dan dibangkitkannya orang yang sudah mati kemudian dihisab amal-amalnya.

Pada Kiamat Qubra seluruh amal kebaikan dan keburukan akan dihisab dan ditimbang dengan seadil-adilnya. Jika amalan baikmu lebih berat dari amalan burukmu, maka hadiah surga akan menanti. Namun jika sebaliknya, maka ganjaran nerakalah yang akan diberikan.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Indosiar, Jumat 18 Juni 2021, Live Copa America: Brazil Vs Peru, Suara Hati Istri Anjani

Pada saat itu juga, alam semesta akan dibentuk lagi oleh Allah SWT dalam wujud barunya yang disebut kampung akhirat yang terdiri dari surga dan neraka. Setelah itu, manusia dikumpulkan di padang mahsyar untuk dihitung amal perbuatannya selama di dunia.

Peristiwa penghancuran dunia ini sudah pasti akan tiba. Namun demikian, manusia tidak diberi pengetahuan lebih tentang kapan waktu terjadinya.

Semua masih dalam kuasa Allah SWT sebagai pemberi keputusan. Mengapa? Jika manusia diberi tahu, niscaya siklus kehidupan tidak akan seimbang, mengingat kehidupan makhluk di bumi tak lebih merupakan sebuah ujian.

Baca Juga: The Power of Forgiveness: Memaafkan Penting Bagi Kesehatan mental dan Raga Anda

Pasalnya, manusia telah menyatakan diri akan sanggup mengelola segala isinya. Jangankan kita, manusia sekelas Nabi dan Rasul pun tidak diberi tahu kapan Kiamat Qubra akan tiba. Orang-orang suci lainnya pun sama. Karena kiamat, sekali lagi, adalah kuasa Sang Pencipta.

Siapapun yang mengklaim mengetahui waktu terjadinya Kiamat Qubra, pastilah bohongnya, meskipun dia mengemukakan hitungan-hitungan yang tampak ilmiah.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x