Inilah Lafal Niat Sholat Idul Adha untuk Selasa 10 Dzulhijjah, 20 Juli 2021

- 19 Juli 2021, 19:39 WIB
Ilustrasi tata cara Sholat Idul Adha di rumah selama PPKM.
Ilustrasi tata cara Sholat Idul Adha di rumah selama PPKM. /PEXELS/Michael Burrows

BAGIKAN BERITA - Umat muslim disunnahkan melaksanakan sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah. 

Pada tahun ini, Hari Raya Idul Adha jatuh pada Selasa 20 Juli 2021. 

Untuk lebih afdol, dalan artikel ini akan dibahas dan lafal niat Sholat Idul Adha yang menjadi salah satu rukun dalam sholat

Baca Juga: Live Streaming Ikatan Cinta RCTI, Aldebaran Kena Semprot Andin, Elsa Kaget Papa Surya Sudah Tahu Pembunuh Roy

Melansir NU Online, niat adalah sesuatu yang sangat pokok dalam pelaksanaan ibadah. Tidak sah ibadah seseorang yang tidak disertai dengan niat.

Niat terletak di dalam hati, yang menandakan adanya kesengajaan dalam menunaikan ibadah tertentu. Para ahli fiqih berpandangan, niat berfungsi setidaknya dalam dua hal.

Pertama, untuk membedakan antara aktivitas ibadah dan aktivitas biasa lainnya. Seseorang bisa saja, misalnya, melakukan keramas sebagai kebiasaan, namun ketika ia tidak diniatkan sebagai mandi wajib maka aktivitas keramas tersebut belum bisa menghilangkan hadats besar. 

Baca Juga: Bansos Program Kartu Sembako Rp200 Ribu Periode Juli-September Dipercepat di Bulan Ini, Cek di Sini

Kedua, niat berfungsi untuk membedakan antara aktivitas ibadah satu dan ibadah lainnya. Misalnya, membedakan antara shalat dhuha dan shalat Idul Adha, shalat Idul Adha dan Idul Fitri, dan seterusnya. 

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X