Kongres Sahkan Joe Biden Sebagai Presiden AS, Donald Trump Beri Pernyataan Mengejutkan

- 8 Januari 2021, 08:35 WIB
Ilustrasi bendera Amerika Serikat*
Ilustrasi bendera Amerika Serikat* /

BAGIKAN BERITA - Kongres Amerika Serikat (AS) menerima hasil Electoral College dan Mike Pence (Wakil Presiden Amerika Serikat) mengumumkan kemenangan Joe Biden

Joe Biden mendapatkan 306 electoral votes, melampaui 270 electoral votes yang dibutuhkan untuk melenggang ke Gedung Putih.

Pengesahan berakhir setelah sempat mengalami penundaan selama beberapa jam akibat serbuan massa pro-Trump ke Gedung Capitol AS pada Rabu Januari 2021 siang waktu setempat.

Baca Juga: Bebas Murni, Abu Bakar Baasyir Sudah Keluar Lapas Jumat Pagi

Tak lama setelah pengesahan tersebut, Gedung Putih langsung menyampaikan pernyataan dari Trump yang menegaskan bahwa dia berkomitmen untuk mendukung transisi kekuasaan yang damai pada 20 Januari, ketika Biden mengucapkan sumpah jabatannya sebagai Presiden AS yang ke-46.

"Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menunjukkan kepada saya, namun akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari," kata Trump.

“Saya selalu mengatakan, kami akan melanjutkan perjuangan untuk memastikan bahwa hanya suara sah yang dihitung. Meskipun ini menandai akhir masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanyalah awal dari perjuangan kami untuk Membuat Amerika Hebat Lagi!"

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Bebas, OTW Ngruki Sukoharjo: Tidak Ada Penjemputan Khusus di Ponpes

Diberitakan sebelumnya, kerusuhan di Gedung Capitol ini merupakan puncak dari ketidakpuasan Trump yang berulang kali membuat klaim tidak berdasar bahwa pemilu telah diatur untuk memenangkan Biden, dan meminta para pendukungnya sesama anggota partai Republik untuk memutarbalik hasil pemilu.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x