Korban Tewas Mencapai 1.000 Lebih, Gempa Maroko Paling Mematikan Lebih dari 6 Tahun

- 10 September 2023, 12:30 WIB
Tim penyelamat melakukan operasi pencarian setelah gempa bumi dahsyat terjadi di Amizmiz, Maroko, 9 September 2023.
Tim penyelamat melakukan operasi pencarian setelah gempa bumi dahsyat terjadi di Amizmiz, Maroko, 9 September 2023. /REUTERS/ABDELHAK BALHAKI

BAGIKAN BERITA – Korban gempa bumi berkekuatan 7,2 magnitudo di Maroko mencapai lebih dari 1.000 orang tewas.

Hingga kini, tim penyelamat masih melakukan pencarian korban yang terjebak di dalam reruntuhan. Diprediksi jumlah korban akan terus bertambah hari ini.

Pemerintah mencatat gempa bumi mematikan di Maroko merupakan paling mematikan dalam lebih dari enam puluh tahun dekade.

Gempa yang mengguncang pegunungan High Atlas di Maroko pada Jumat malam tersebut meluluhlantakkan berbagai bangunan bersejarah di Marrakesh yang menjadi kota terdekat kepada pusat gempa, sementara sebagian besar korban jiwa berada di daerah-daerah pegunungan di bagian selatan Maroko.

Kementerian Dalam Negeri Maroko mengungkapkan 1.037 orang tewas dan 672 lain luka-luka akibat gempa yang menurut Survei Geologi AS berkekuatan 6,8 skala Richter dengan pusat gempa sekitar 72 km arah barat daya Marrakesh.

Di desa Amizmiz dekat pusat gempa, petugas penyelamat menggali puing-puing bangunan dengan tangan kosong. Bebatuan yang ambrol memenuhi jalan-jalan sempit. Di luar sebuah rumah sakit, sekitar 10 jenazah tergeletak dalam selimut sementara kerabat yang berduka berdiri di dekatnya.

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Hari Ini Minggu 10 September 2023: Bidadari Surgamu, Cinta Setelah Cinta, Gimme The Mic Live

“Saat saya merasakan bumi berguncang di bawah kaki saya dan rumah miring, saya bergegas mengeluarkan anak-anak saya. Namun tetangga saya tidak bisa,” kata Mohamed Azaw dikutip dari Antara News, Minggu 10 September 2023.

“Sayangnya tidak ada seorang pun yang ditemukan hidup dalam keluarga itu. Ayah dan anaknya ditemukan tewas, petugas penyelamat masih mencari ibu dan putrinya,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x