SIap Perang, Kim Jong-un Sebut Korea Selatan ‘Musuh Utama’ dan Tidak Berniat Menghindari Perang

- 10 Januari 2024, 12:20 WIB
Kim Jong Un siap berperang lawan Korsel dan AS pada tahun 2024.
Kim Jong Un siap berperang lawan Korsel dan AS pada tahun 2024. /KCNA via REUTERS

BAGIKAN BERITA – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh media pemerintahnya pada Rabu, menyebut Korea Selatan sebagai “musuh utama” dan menegaskan bahwa ia “tidak berniat menghindari perang.”

Ancaman tersebut muncul saat Kim memeriksa pabrik-pabrik amunisi besar pada Senin dan Selasa, demikian dilaporkan oleh Kantor Berita Korea Utara (KCNA).

Kim Jong-un mengancam akan memusnahkan Korea Selatan jika negara tersebut menggunakan kekerasan terhadap Korea Utara.

Dalam pernyataannya, Kim menyatakan bahwa Republik Korea (ROK) dianggap sebagai musuh utama, dan yang harus diprioritaskan oleh Korea Utara (DPRK) adalah meningkatkan kemampuan militer untuk pertahanan diri dan pencegahan perang nuklir.

Meskipun Kim menekankan bahwa DPRK tidak akan memulai perang secara sepihak, ia juga menyatakan bahwa tidak memiliki niat untuk menghindari perang.

Baca Juga: Jadwal SCTV Rabu 10 Januari 2024: Takdir Cinta yang Kupilih, Bidadari Surgamu, Tajwid Cinta, FTV

Dikutip oleh KCNA, Kim mengatakan, “Jika Korsel berupaya menggunakan kekuatan bersenjata melawan DPRK atau mengancam kedaulatan dan keamanannya, dan jika peluang seperti itu muncul, kami tidak akan ragu untuk memusnahkan ROK dengan segala cara dan kekuatan yang tersedia.”

Pemimpin Korea Utara juga menyatakan kepuasannya terhadap penempatan senjata dan peralatan baru di pabrik-pabrik tersebut, sambil memerintahkan untuk meningkatkan kesiapan perang negaranya.

Pernyataan tersebut muncul setelah Kim Jong-un sebelumnya menyebut hubungan antar-Korea sebagai “dua negara yang saling bermusuhan,” menolak upaya rekonsiliasi dan unifikasi dalam pertemuan partai pada akhir tahun.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x