Pelaku Pasar Lebih Memilih Presiden Amerika Serikat Joe Biden daripada Donald Trump, Ini Alasannya

- 4 November 2020, 10:02 WIB
Pelaku  Pasar Lebih Memilih Presiden Amerika Serikat Joe Biden daripada Donald Trump,  Ternyata Ini Alasannya
Pelaku Pasar Lebih Memilih Presiden Amerika Serikat Joe Biden daripada Donald Trump, Ternyata Ini Alasannya /Twitter.com/@joebiden/Bagikanberita.com

BAGIKAN BERITA -Para pelaku pasar saat ini
masih menunggu kepastian arah kebijakan AS ke depan. Hal tersebut terkait Pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) antara Joe Biden dan Donald Trump yang mulai dilaksanakan pada 3 November waktu setempat.

Pemenang antara Joe Biden dan Donald Trump.dalam.pilpres Amerika Serikat ini memiliki dampak besar terhadap perekonomian di berbagai negara penjuru dunia, termasuk Indonesia.

"Secara fundamental agak sulit mengukur," kata Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan Lembaga Penelitian Ekonomi Manajemen (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Teuku Rifky, Rabu 4 November seperti dikutip bagikanberita.com dari RRI.

Baca Juga: Habib Rizieq Pulang Ke Indonesia 9 November 2020, Tidak Ingin Mempersulit Pemerintah Jokowi

Hal tersebut berdasarkan realisasi neraca dagang pada September lalu, AS menjadi negara kedua tujuan ekspor non migas Indonesia, dengan nilai sebesar 1.69 miliar dollar AS. Sementara impor, AS hanya kalah oleh China dan Singapura, dengan nilai sebesar 607.4 juta dollar AS.

Lebih jauh, dia meyakini, apabila nantinya Donald Trump kembali terpilih, perekonomian secara global akan kembali dihadapkan kepada ketidakpastian kebijakan dari Negeri Paman Sam.

Sebaliknya, terang Rifky, Biden memiliki potensi yang lebih besar untuk memberikan sentimen positif terhadap perekonomian global ke depan, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Joe Biden Menang Pilpres Amerika Serikat, Israel Malah Khawatir, Ternyata Ini Alasannya

"Trump di masa pertama kepemimpinannya di mana penuh kontroversi dan ketidakpastian," pungkasnya.***

Editor: Hendra Karunia

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah