Tata Cara dan Niat Shalat Idul Adha, Lengkap dengan Bacaan Arab, Latih dan Terjemah Bahasa Indonesia

- 28 Juni 2023, 19:31 WIB
Ilustrasi. pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 H pada Kamis, 29 Juni 2023
Ilustrasi. pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 H pada Kamis, 29 Juni 2023 /Instagram @kebunraya_id

BAGIKAN BERITA – Seluruh Umat Muslim saat ini merayakan Idul Adha. Untuk Indonesia, pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah akan digelar pada Kamis 29 Juni 2023.

Oleh karena itu, perlu disiapkan dan dipahami terlebih dahulu bagaimana cara melaksanakan Shalat Idul Adha dengan baik dan benar.

Berikut tata cara pelaksanaan Shalat Idul Adha dilengkapi bacaan bahasa arabm latih dan terjemah bahasa Indonesia agar mudah dimengerti.

Shalat Idul Adha ini memiliki syarat dan rukun yang tidak berbeda dengan shalat lainnya. Pun juga berbagai macam hal yang membatalkannya juga tidak memiliki perbedaan dengan shalat pada umumnya.

Baca Juga: Hidangan Hari Raya Idul Adha, Resep Lempah Iga Sapi Cocok Disajikan dengan Nasi Hangat atau Lontong

Namun, perbedaannya adalah shalat ini tidak diawali dengan adzan dan iqamah. Dalam tata cara pelaksanaannya, shalat ini juga memiliki sedikit perbedaan.

Shalat Idul Adha dapat dilakukan sejak terbitnya matahari pada tanggal 10 Dzulhijjah hingga waktu Zuhur di hari yang sama tiba. Shalat Idul Adha dilakukan dua rakaat. Shalat ini dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah.

Namun, boleh juga shalat Idul Adha ini dilaksanakan secara sendirian (munfarid) jika terlambat berjamaah.

Adapun tata cara shalat Idul Adha sesuai penjelasan KHR Asnawi, salah satu pendiri NU asal Kudus, dalam kitabnya yang berjudul Fashalatan, adalah sebagai berikut. Hal ini seperti dikutip dari Mahbib Khoiron dalam tulisan berjudul 'Tata Cara Shalat Idul Adha', pada Selasa 27 Juni 2023.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x