WASPADA, BMKG Ingatkan Angin Puting Beliung Melanda Sejumlah Daerah di Indonesia pada Maret

- 28 Februari 2024, 16:11 WIB
Fenomena angin puting beliung yang melanda Kabupaten Sumedang dan Bandung beberapa waktu lalu.
Fenomena angin puting beliung yang melanda Kabupaten Sumedang dan Bandung beberapa waktu lalu. /PR Sumedang /Muhammad Sukri

BAGIKAN BERITA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi angin puting beliung pada bulan Maret hingga April mendatang di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, potensi tersebut berkaitan dengan perubahan musim yang terjadi.

"Kemungkinan untuk terjadi puting beliung ini masih terjadi selama Maret-April, pancaroba," kata Dwikorita di Jakarta, pada Selasa 27 Februari 2024.

Dwikorita menekankan pentingnya kewaspadaan masyarakat dan saran agar segera mencari tempat perlindungan yang kokoh jika angin puting beliung terjadi.

Baca Juga: BABYMONSTER Bersiap untuk Comeback dengan Album Perdana Bersama 7 Anggota

"Jangan di bawah pohon, karena juga akan terjadi, antara awan itu kan juga bisa terjadi kilat petir. Atau dari awan ke bumi juga terjadi kilat petir," jelasnya.

Dalam kejadian sebelumnya di Kabupaten Sumedang dan Bandung pada Rabu 21 Februari 2024, BMKG mencatat adanya kerusakan ringan pada 534 bangunan.

Sebanyak 835 keluarga terdampak dan 33 orang luka dirawat di rumah sakit karena bencana tersebut. Video-viral di media sosial menunjukkan kekuatan angin yang merusak segala yang dilaluinya, termasuk material bangunan yang terbang di udara.***

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x