Kenang Solihin GP, Jusuf Kalla: Saya Mengenal Beliau saat Masih di Makassar 20 Tahun Lalu

- 5 Maret 2024, 16:45 WIB
Jusuf Kalla kenang mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP
Jusuf Kalla kenang mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP /Instagram/

 

BAGIKAN BERITA -- Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK), mengenang almarhum Solihin GP sebagai seorang pejuang yang akan selalu dikenang oleh rakyat Sulawesi Selatan (Sulsel) karena perjuangannya dalam memberikan rasa keamanan kepada masyarakat di daerah tersebut.

JK menyatakan bahwa Solihin GP bersama Jenderal M Yusuf adalah tokoh yang berperan dalam memberikan keamanan terhadap DI/TII di Makassar pada tahun 1964, serta merupakan tokoh politik yang memberikan rasa aman dan mengamankan Sulawesi Selatan.

"Beliau bersama-sama dengan Jenderal M Yusuf, Pak Solihin adalah kedua tokoh yang memberikan keamanan DI/TII di Makassar yang selesai di tahun 1964. Beliaulah tokoh politik yang memberikan rasa aman dan mengamankan Sulawesi Selatan," kata Jusuf Kalla dikutip dari Antara News.

Baca Juga: Alberto Rodriguez Sudah Tak Sabar Menanti Laga El Clasico Persib Lawan Persija

JK menjelaskan bahwa Solihin GP, mantan Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975, adalah sosok dengan jiwa kepemimpinan yang tegas dan merakyat.

JK mengenalnya sejak 20 tahun lalu di Makassar dan selalu mengunjunginya karena persahabatan yang baik. Solihin GP dianggap sebagai contoh teladan yang baik dengan jasa-jasanya yang tak terlupakan, terutama bagi masyarakat Sulsel.

"Saya mengenal beliau saat masih di Makassar 20 tahun lalu. Sampai saat ini saya selalu mengunjungi karena kita bersahabat baik. Beliau punya jiwa kepemimpinan tapi sangat merakyat, tidak mudah itu seperti itu,” katanya.

Menyusul berita meninggalnya Solihin GP, JK menyatakan duka cita atas kepergian pejuang bangsa tersebut, khususnya bagi rakyat Sulawesi Selatan.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x