Innalilahi wa Inna Ilaihi Rajiun, Tokoh Jawa Barat dan Siliwangi, Solihin GP Tutup Usia

- 5 Maret 2024, 10:24 WIB
Solihin GP, Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975.
Solihin GP, Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975. /Dok. Setpres/

BAGIKAN BERITA -- Mantan Gubernur Jawa Barat dan perwira Kodam III Siliwangi, Letnan Jenderal TNI (Purn) Solihin GP, menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa dini hari pukul 03.09 WIB di RS Advent, Kota Bandung.

Informasi ini disampaikan oleh juru bicara keluarga serta Kabid Infokom Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), Taufan Suranto.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Letnan Jenderal TNI Purn. H. Solihin GP (Mang Ihin), sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan, dan pendiri DPKLTS, pada usia 97 tahun pada hari Selasa, 5 Maret 2024 pukul 03.09 WIB di RS Advent Bandung. Semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan, aamiin YRA," ujar Taufan.

Baca Juga: Kumpulan Kode Promo Grab dan Gojek, Selasa 5 Maret 2024, Kirim Barang Lebih Murah Pakai Voucher Ini

Jenazah almarhum rencananya akan disemayamkan di rumah keluarga besar di Jalan Cisitu Indah, Dago, Bandung pada pukul 07.00-09.00 WIB.

Kemudian, akan dibawa ke Mako II Kodam III Siliwangi di Jalan Sumbawa Nomor 22 Bandung sekitar pukul 09.30 hingga 12.30 WIB. Selanjutnya, almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra sekitar pukul 13.30 WIB.

Solihin GP lahir pada 21 Juli 1926, dan ia merupakan mantan perwira TNI yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jabar pada periode 1970-1975.

Ia memulai karier militernya pada masa revolusi sebagai komandan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi.

Salah satu prestasi terkenalnya adalah saat ia berhasil mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang dikenal sebagai gogo rancah. Solihin GP juga diakui sebagai sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan, serta pendiri DPKLTS.***

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah